seputarbanten.com-SERANG, Pembuatan Karta Tanda Penduduk Elektrik (E-KTP) di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (DKCS) kota serang, pagi ini (13/9) membludak, hal ini membuat petugas DKCS kerepotan dalam menangani berkas yang semakin menumpuk.

Bukan hanya kerepotan, bahkan petugas sempat kesal lantaran, banyaknya pembuat E-KTP baru dan belum melakukan perekaman.

Kekesalan juga terucap dari sekertaris DKCS kota serang Khudori, lantaran sebelumnya pihak DKCS telah melakukan sosialisasi kepada warga, tapi mengapa warga baru sadar untuk membuat E-KTP di tahun 2016 ini.

"Saya merasa kaget dan kesal, kenapa warga tiba-tiba banyak warga yang datang ke DCKS untuk melakukan perekaman E-KTP. Padahal Sebelumnya kan saya sudah sosialisasikan ke setiap kecamatan dan kelurahan agar warga untuk segera melakukan perekaman E-KTP, " tuturnya

Kemudian untuk mengurai kemacetan warga saat melakukan perekaman E- KTP, kata Khudori, pihaknya akan merencanakan dalam mengfungsikan beberapa kecamatan di Kota Serang agar bisa melayani warga dalam membuat E-KTP.

"Hal ini sebagai bentuk antisipasi agar perekaman E-KTP tidak terpusat pada satu tempat saja. Lalu kami akan berkoordinasi kembali pada para kecamatan dan kelurahan di Kota Serang  dalam rangka mempercepat pembuatan E-KTP pada warga Kota Serang. Intinya kita ingin melayani masyarakat dengan cepat," katanya

Seperti diketahui, Khudori mengaku DKCS telah menyediakan 5 operator dan 3 alat percetakan. Tapi tetep saja tidak terkejar dengan baik, karena perharinya 500 orang yang melakukan perekaman.

"Bahkan tercatat 53 ribu orang yang melakukan perekaman E-KTP dari 1 juli 2016 sampai 13 september ini. Bahkan dalam 5 hari ini tercatat di Dinas ada 1500 orang yang melakukan perekaman," pengakuannya

Lebih lanjut Khudori menegaska untuk mengantisipasi adanya kebeludakan di DKCS, ia pun mengaku akan mengaktifkan perekaman E-KTP di tiap kecamatan mulai 2 desember tahun 2016.

"Pertama di Kecamatan Serang, lalu di Kecamatan Walantaka dan terakhir di Kecamatan Taktakan. Karena di tiga kecamatan ini sebagian alatnya masih berfungsi dan Dinas pun akan menambahkan alat kembali di tiga kecamtan ini," ungkapnya.

Ditempat berbeda, Camat kecamatan Serang, Anis S Salam mengaku senang karena pelayanan E-KTP mendapat kabar akan dilakukan kembali di Kecamatan, dan dapat membuat data warga menjadi tertata dengan rapih.

"Saya pun jadi bisa mendata warga pemdatang dan warga yang pindah. Bahkan sampai warga yang sudah meninggal dunia," pungkasnya. (CTB-).
Share To:

SeputarBanten.com

Media Berita Seputar Banten

Post A Comment: