seputarbanten.com-CILEGON, Petani di lingkungan pabean kelurahan pabean tidak lagi takut akan kekeringan di musim kemarau pasalnya saat ini tengah dibangun sumur dalam dilingkungan tersebut.

Pembangunan yang tengah dilakukan telah sampai pada proses pengeboran sumur yang dalamnya telah mencapai 30 meter.

Menurut kepala kelurahan pabean Hidayatullah, sumur dalam tersebut merupakan bantuan dari Dinas Pertanian dan Kelautan (Disperla) Cilegon, yang diperuntukan untuk kelompok tani (Koptan), dengan dana 450 juta rupiah.

"Sumur tersebut dibangun diatas tanah milik warga, dengan dalam pengeboran 130 meter yang akan mengairi 20 hektar sawah," katanya

Lebih lanjut, Dayat mengaku dengan dibangunnya sumur dalam tersebut, guna menjadikan para petani yang semula dalam satu tahun sekali panen dengan adanya sumur ini akan dua kali panen.

"Pementuan lokasi sumur ini berdasarkan survey, yang meski dimusim kemarau sumur itu tetap akan menghasilkan air," pengakuannya

Dayat menjelaskan, setelah sumur ini jadi dalam pengaturannya, petani hanya dibebani listrik untuk mengalirkan kesawah warga.

"Warga yang akan memanfaatkan air tersebut hanya dikenakam biaya listrik, berupa listrik token," jelasnya

Sementara itu, Santawi anggota koptan yang tanahnya dijadikan lolasi sumur dalam, mengungkan, untuk kepentingan warga ia iklas jika tamahnya dijadilan lolasi sumur dalam

"Lagi pula ada perjanjian dengan pihak kelurahan, jika tanah saya dipergunakan sebagai lokasi sumur dan tidak akan dipergunakan dikemudian hari," ungkapnya.(Dewan)
Share To:

SeputarBanten.com

Media Berita Seputar Banten

Post A Comment: