SeputarBanten.com - Serang, Pendaftaran pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Banten akan diawali dengan pendaftaran dengan menggunakan sistem online melalui sistem informasi pencalonan (Silon). Pendaftaran ke operator Silon akan dilakukan pada tanggal 14-23 September 2016.

Dikutip dari laman beritasatu.com, kemarin, Kamis (8/9), Komisioner KPU Banten Syaiful Bahri usai melakukan Sosialisasi Tahapan Pencalonan dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Tahun 2017 di Aula KPU Banten, Cipocok Jaya, Kota Serang, menjelaskan parpol mendaftarkan pasangan bakal calon diawali dengan sistem online (Silon).

“Tim yang dimandatkan oleh bakal pasangan calon bisa melakukan pendaftaran melalui operator Silon terlebih dahulu,” jelasnya.

Menurut Syaiful, tata cara pendaftaran tersebut telah diatur dalam Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2016 tentang pencalonan penyerahan mandat operator Silon dilakukan sebelum tanggal 21 September.

“Untuk mengantisipasi kesalahan teknis, tentunya kita akan mengadakan kursus singkat para operator Silon,” katanya.

Syaeful menambahkan, pendaftaran pemilihan gubernur dan wakil gubernur Banten akan diumumkan pada 14-20 September, dan 21-23 September pendaftaran pasangan calon jalur partai politik dan perseorangan.

Lebih lanjut Syaiful menjelaskan, KPU Provinsi Banten menemukan 90 persen tim sukses bakal calon dari jalur perseorangan, yakni pasangan Yayan Sofyan – Ratu Enong dan A Dimyati Natakusumah – Yemmelia, mengundurkan diri.

Hal ini ditemukan KPU Banten pada saat proses verifikasi faktual dukungan bakal calon yang dilaksanakan pada 24 Agustus hingga 6 September 2016.

“Sekitar 90 persen tim sukses tingkat desa, kecamatan yang sudah di-SK-kan oleh bakal pasangan calon tidak mengaku, termasuk di tingkat kabupaten, seperti di Kabupaten Lebak dan Kota Tangsel,” kata Syaiful Bahri.

Padahal, kata Syaiful, proses verifikasi faktual tersebut harus selalu dikoordinasikan dan dikomunikasikan dengan tim sukses. Namun, nama tim sukses yang ditelepon banyak yang mengaku bukan tim sukses.

Selain itu, kata Syaiful, rata-rata jumlah dukungan dari bakal pasangan calon juga semakin menurun dari angka sebelumnya. Sedangkan jumlah dukungan akan ketahuan saat pleno di kabupaten dan kota, sehingga dari rakor ini tergambar pendukung di masing-masing kabupaten dan kota.

“Pleno di tingkat kabupatan/kota akan dilakukan pada tanggal 11 September 2016. Sedangkan untuk pleno di tingkat kecamatan akan dilakukan kemarin, Kamis (8/9) dan KPU Banten sendiri akan melaksanakan pleno pada 14 September mendatang,” katanya.

(cilegoncyber/beritasatu.com)
Share To:

SeputarBanten.com

Media Berita Seputar Banten

Post A Comment: