SeputarBanten.com - Serang, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) secara resmi mendeklarasikan koalisi untuk mengusung pasangan calon pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten 2017 mendatang. Nama “Koalisi Semangka” disepakati kedua parpol itu untuk kerja sama memenangkan Pilgub Banten.

Namun, pelaksanaan deklarasi koalisi tersebut tidak dihadiri bakal calon incumbent Gubernur Banten Rano Karno. Dikabarkan Rano sedang berada di Makassar dalam rangka tugasnya sebagai Gubernur Banten yang tidak bisa diwakilkan.

Hingga saat ini, bakal calon wakil gubernur yang akan mendampingi Rano pada Pilgub Banten mendatang belum ditetapkan. Pelaksanaan koalisi PPP dan PDIP hanya sebatas koalisi partai, dan belum membahas terkait bakal calon wakil gubernur yang akan mendampingi Rano.

“PDIP dan PPP sama-sama memiliki sisi historis yang sama, pada saat Orde Baru. Kalau dilihat kita persis semangka, kulitnya hijau dalamnya merah,” kata Ketua DPP PDIP, Ribka Tjiptaning saat memberikan sambutan pada acara deklarasi PPP-PDIP di Krakatau Room, Hotel Le Dian, Serang, Jumat (2/9).

Ribka menjelaskan, Provinsi Banten merupakan penyangga DKI Jakarta, namun menurut data Bappenas, Provinsi Banten menjadi daerah terkorup, terpragmatis dan termiskin.

“Kalau pun Pilkada di mana-mana merupakan langkah taktis, tetapi bagi saya kita harus strategis, kita tidak usah takut, maka tidak ada yang mustahil,” kata Ribka.

Sementara itu, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPP PPP Mardiono, menyepakati bila koalisi yang digagas oleh dua partai ini, diberi nama Koalisi Semangka. Alasannya karena PPP yang memiliki kursi lebih sedikit mengibaratkan sebagai bagian kulit semangka dan pas dibuka dalamnya berwarna merah yang identik dengan PDIP.

“Koalisi ini adalah Koalisi Semangka. Saya setuju, karena PPP dan PDIP memiliki persamaan perjuangan panjang,” kata Mardiono.

Mardiono menjelaskan, koalisi PPP dengan PDIP melalui proses yang panjang. Menurut Mardiono, koalisi ini masih terbuka buat partai lain, baik yang belum merekomendasikan dukungan maupun yang sudah memberikan rekomedasi dukungan.
Rekomendasikan Bakal Calon Wakil.

Sementara itu, seusai acara deklarasi dilaksanakan, sebanyak delapan DPC PDIP, kabupaten/kota Se-Provinsi Banten merekomendasikan Tubagus Haerul Jaman (Wali Kota Serang), untuk mendampingi Rano Karno maju di Pilgub Banten 2017 mendatang.

Laurens Dami/CAH
Share To:

SeputarBanten.com

Media Berita Seputar Banten

Post A Comment: