seputarbanten.com-CILEGON, Balai karantina kelas II Cilegon pada bulan agustus 2016 ini telah mencatat ribuan sapi dan kambing dari pulau sumatra masuk ke pulau jawa atau sebaliknya, melalui pelabuhan merak.

Dari data yang kami terima 10626 ekor sapi dari pulau sumatra ke pulau jawa sedangkan1388 ekor sapi masuk dari pulou jawa ke sumatra sementara jumlah kambing yang masuk 8210 dan 3197 kambing keluar.

Dikatakan Dokter Hewan Karantina Kelas II Cilegon, Pitria sari, Angka tersebut merupakan angka yang tertinggi pada tahun ini, dan kenaikan tersebut disebabkan permintaan hewan kurban yang yang cukup tinggi menjelang perayaan Idul Adha.

"Kita telah mencatat jumlah kambing dan sapi sejak januari 2016 hingga agustus kenaikan terjadi saat perayaan Idul Fitri Dan Idul Adha ini, Sedangka bulan Agustus ini tercatat yang tertinggi, Angka tersebut juga cukup tinggi bila dibanding tahun kemarin ( agustus 2015)," tuturnya.

Lebih lanjut Pitri mengaku hewan tersebut sebelum melanjutkan perjalanan meneju tempat penjualan yang tersebar dipulau jawa, terlebih dahulu mendapatkan pemerksaan dikantor karantina, untuk memastikan hewan tersebut tidak memiliki penyakit yang dapat menurar kepada tubuh manusia.

"Dari hasil pemeriksaan pada bulam ini, tidak menemukan hewan yang sakit, baik dari luar maupun dari dalam pulou jawa, namun jika kami menemukan hewan yang terlihat kita akan pisahkan dan tidak dapat melanjutkan perjalanan," jelasnya

Ditemui pengendara yang akan membawa puluhan kambing dari jember menuju riau, Edi saat akan memeriksa hewan tersebut dikarantina kelas II cilegon, mengaku ia selalu melakukan pemeriksaan agar hewan ternak yang ia bawa dapat diterima oleh pembeli.

"Kita sudah lama seperti ini, karna bagi kita kesehatan hewan sampai dikonsumen amatlah penting," ungkapnya.(Ipul)
Share To:

SeputarBanten.com

Media Berita Seputar Banten

Post A Comment: