seputarbaten.com-CILEGON, Kondisi jembatan Jalan Lingkar Selatan (JLS) Kota Cilegon di Lingkungan Ciberko, Kelurahan Kalitimbang, Kecamatan Cibeber kondisinya makin memprihatinkan. Meski sempat ditutup oleh lempengan baja. Namun lubang besar di JLS itu makin melebar, Senin (3/10).

Dari pantauan dari arah Ciwandan - Cilegon terdapat lubang besar yang dapat membahayakan pengguna jalan baik roda dua maupun roda empat. Dengan adanya kondisi itu, warga memanfaatkannya untuk meraup rejeki, dan memberikan peringatan kepada pengguna jalan untuk berhati-hati dan menurunkan kecepatan kendaraannya sebelum melewati jembatan berlubang tersebut.

Kondisi yang sama juga terjadi dari arah Cilegon - Ciwandan. Meski tidak terlihat lubang yang cukup besar. Namun lantaran tidak adanya saluran air yang mengarah ke bawah jembatan, mengakibatkan terjadinya genangan air dengan ketinggian sekitar 30 centimeter menutupi permukaan jalan.
 
Warga sekitar Supriyadi mengatakan, kerusakan dan lubang di jembatan itu sudah lama terjadi. Karena tidak ada perbaikan, kerusakan yang awalnya kecil, lama kelamaan terus meluas. Terlebih kerusakan lebih cepat karena kondisi jalan selalu tergenang air.

"Kalau perbaikan belum ada, cuma ada lempengan baja untuk menutupi lubang. Tapi sekarang lubangnya malah makin besar, dan kalau tidak ada yang memperingati pengendara ini bisa membahayakan," katanya

Menurut Yadi, lubang itu tentunya membahayakan pengguna jalan terutama pada saat malam hari, apalagi di wilayah itu minim Penerangan Jalan Umum (PJU). Warga dengan inisiatif kepedulian memberikan rambu-rambu agar jalanan dan jembatan yang rusak tidak membahayakan bagi pengendara.

"Seharusnya kalau kondisi seperti ini bukan lagi warga yang peduli. Ini kan sudah jadi tanggungjawab pemerintah," ujarnya.

Untuk itu, Supriyadi berharap, jembatan di JLS itu dapat segera diperbaiki, apalagi volume kendaraan cukup tinggi. Sebab jalan tersebut merupakan jalan alternatif bagi industri maupun masyarakat.

"Lubang itu pernah ada korban. Ini jangan sampai ada korban tambahan, dan itu harus secepatnya diperbaiki," tandasnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Cilegon M Ridwan mengatakan, sudah mendapatkan laporan soal kerusakan tersebut. Untuk itu pada tahun 2016 ini pihaknya sudah mengalokasikan anggaran untuk perbaikan di JLS tersebut.

"Saat ini masih dalam proses lelang, pengerjaannya tahun ini," katanya.

Menurut Ridwan, sedikitnya ada sekitar 5 titik jalan di JLS yang akan diperbaiki DPU pada tahun 2016 ini. Salah satunya, jembatan JLS di Lingkungan Ciberko, Kelurahan Kalitimbang, Kecamatan Cibeber.

"Yang kita perbaiki termasuk jembatan itu," tandasnya. (Dewan)
Share To:

PortalMuslim.com

Media Referensi Muslim - Amar Ma'ruf Nahi Munkar

Post A Comment: