Apakah anda pernah mendengan yang namanya study tour atau yang lebih dikenal karya wisata untuk anak sekolah??.

Ya karya wisata adalah sebuah proses belajar di luar kelas yang bertujuan untuk memperkenalkan kepada anak didik tentang apa yang dipelajarinya didalam kelas. Yaitu yang berkaitan dengan beberapa macam mata pelajaran seperti pelajaran Sejarah dan Kebudayaan juga sosiologi dan sebagainya. Dalam mata pelajaran sejarah dan kebudayaan anak didik dapat melihat secara langsung mempelajari dan mengamati peninggalan - peninggalan bersejarah dari nenek moyang bangsa indonesia yang berupa candi, bangunan kraton, letak sebuah kota kerajaan, batu menhir dan peningggalan sejarah lainnya.

Dan juga anak didik dapat memahami dan mengambil sebuah kesimpulan sebagai pelajaran dengan melihat secara langsung dari peninggalan sejarah dan kebudayaan tersebut.

Namun demikian karya wisata juga dapat menjadikan anak didik bisa lebih berwawasan dan menambah pengalaman. Dengan pola belajar yang selama ini diterapkan hanya mengandalkan pelajaran pelajaran yang bersifat teori belaka tanpa ada pengamatan langsung dilapangan mengakibatkan anak didik tidak mengenal secara mendalam sejarah dan kebudayaan bangsanya sendiri, ini sangat ironis anak sekolah di Indonesia tidak pernah mengenal lebih dalam sejarah perjuangan bangsanya.

Ini akibat dari pola belajar yang sangat teorisitk dan monoton hanya mengandalkan text book saja tanpa ada pengmatan langsung di lapangan apalagi berkaitan pelajaran sejarah dan kebudayaan.

Pola belajar dengan pengamatan langsung sebagai tidak lanjut nyata membentuk pola pikir anak didik dengan mengenal secara langsung lingkungan dan sejarah budaya bangsanya sehingga anak didik lebih mencintai budaya bangsanya daripada budaya bangsa lain.

Saat ini telah terjadi globalisasi kebudayaan yang hampir menghilangkan identitas budaya bangsa secara bertahap, untuk itu pola pendidikan yang teori dan monoton harus di ubah menjadi pola pendidikan dengan pengamatan dan pengenalan secara langsung tentang sejarah dan kebudayaan di lapangan artinya anak didik diwajibkan melakukan karya wisata. Sehingga anak didik dapat mengenal secara langsung sejarah dan kebudayaan bangsanya sendiri.

Di negara - negara maju belajar dengan pola pengamatan langsung di lapangan adalah sebuah keharusan, di Eropa setiap akhir semester siswa - siswi di wajibkan melaksanakan study tour yang berkaitan dengan pelajarana sejarah dan budaya.

Untuk itu Tiara Semesta Tour sebagai sebuah perusahaan jasa perjalanan wisata yang berkedudukan di Tangerang Selatan (08161490435, WA 081288009243) memperkenalkan Karya Wisata sejarah, kebudayaan dan industri yaitu pola belajar yang diterapkan di luar sekolah agar anak didik lebih menenal sejarah dan kebudayaannya sendiri daripada kebudayaan bangsa lain.

Saat ini Tiara Semesta Tour sudah mengembangkan pola belajar dengan pengamatan langsung atau karya wisata bertujuan agar dapat membendung arus globalisasi budaya yang sudah melanda dunia sehingga anak - anak kita sekarang banyak yang tidak kenal sejarah dan kebudayaannya sendiri . (alek)
Share To:

SeputarBanten.com

Media Berita Seputar Banten

Post A Comment: