seputarbanten.com-PULOMERAK , Angka pengangguran di Kecamatan Pulomerak masih tinggi. Kondisi ini membuat Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kecamatan Pulomerak prihatin. KNPI menilai masalah ini perlu mendapat perhatian dan mendesak perusahaan yang beroperasi di Pulomerak, menyerap pengangguran.

Ketua KNPI Kecamatan Pulomerak, Rahmatullah mengatakan persoalan pengangguran dan minimnya lapangan pekerjaan di wilayah Pulomerak menjadi perhatian KNPI Pulomerak. Padahal, banyak perusahaan yang berdiri di wilayah Pulomerak, baik swasta maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

"Persoalan pengangguran ini harus mendapat perhatian, khusnya dari KNPI sendiri. Semakin banyak pemuda yang tidak bekerja makin banyak pula peluang terjadinya kesenjangan sosial," katanya usai melakukan pelantikan dan rapat kerja (raker) KNPI Kecamatan Pulomerak di aula kecamatan, Senin (3/10).

Menurut Rahmatullah, minimnya peluang pamuda maupun warga Kecamatan Pulomerak untuk mendapatkan pekerjaan bukan pada persoalan Sumber Daya Manusia (SDM). Sebab masyarakat, khusunya pemuda KNPI memiliki keahlianya masing-masing dan dapat bersaing dengan tenaga kerja lainnya.

"Kita pelatihan komputer, bahasa asing dan yang lainnya sering kita ikuti. Jadi ini bukan persoalan SDMnya. Yang jadi masalah saat ini yaitu masih adanya praktek KKN (Kolusi, Korupsi dan Nepotisme-red) di manajemen perusahaan sendiri. Misalnya kita mendapatkan kerjasma 6 orang tenaga kerja, tapi pada kenyataanya hanya 1 atau 2 orang saja yang diterima," ujarnya.

Lebih lanjut, Ramatullah mengungkapkan jika pengangguran di Kota Cilegon, khusunya di Kecamatan Pulomerak masih tinggi, maka pembangunan daerah tidak bisa berlangsung dengan baik. Untuk itu, KNPI akan berupaya untuk bersinergi dengan pemerintah dalam pengentasan pengangguran.

"Ini akan menjadi tugas kami dalam mengawal pembangunan Kota Cilegon, terutama dalam pemberdayaan masyarakat dan mensejahterakan pemuda. Jangan sampai pengangguran di Pulomerak semakin tinggi," ungkapnya.

Untuk itu, Rahmatullah menegaskan dalam upaya pemberantasan pengangguran itu KNPI Kecamatan Pulomerak akan melaukan berbagai cara untuk mencarikan lapangan pekerjaan untuk masyarakat di Pulomerak dengan bekerjasama seluruh perusahaan di wilayah Pulomerak.

"Permasalahan di masyarakat saat ini sulit mendapatkan peluang pekerjaan. Untuk itu kami KNPI Pulomerak siap membantunya," tegasnya.

Sementara itu, mantan Ketua KNPI Pulomerak, Ade Solehudin berharap kepengurusan KNPI priode 2016 - 2019 itu dapat memberikan kontribusi yang besar bagi pemuda maupun masyarakat di Pulomerak. Khususnya dalam pengentasan pengangguran.

"Dulu saya berkonsetrai pada persoalan ketenagakerjaan dan CSR. Mudah mudahan untuk pengurus selanjutnya dapat lebih banyak mengurangi pengangguran di Pulomerak ini," harapnya. (Dewan)
Share To:

SeputarBanten.com

Media Berita Seputar Banten

Post A Comment: