seputarbanten.com-KABUPATENSERANG, Dalam rangka bersinerji dengan warga, koramil 02 bojonegara melaksanakan kegiatan berkebun bersama kelompok tani (Poktan) denrodium yang berada dilingkungan kampung ciranggon desa bojonegara kecamatan bojonegara kabupaten serang.

Dalam kegiatan tersebut, anggota koramil membantu Poktan menanam tanaman sayuran milik poktan, yang dibentuk sejak 2015 dan sudah beranggotakan 30 orang, yang terdiri dari ibu-ibu.

Menurut Fudoiyah ketua poktan denrodium, kegiatan tersebut bertujuan untuk memanfaatkan perkarangan yang tidak terpakai dengan membudidayakan dengan cara bercocok tanam dan pembenihan ikan.

"Agar anggota koptan dapat mengelola lahan yang tidak dimanfaatkan, dengan memanam sayur-sayuran dan benih ikan seperti nila, patin dan lain-lain," tuturnya

Fudoiyah menjelaskan bahwa kegiatan ini untuk memenuhi kebutuhan koptan untuk memenuhi permintaan pasar, karna saat ini lahan yang tersedia 900 meter kubik (M2).

"Hasil yang kita dapat saat ini sudah cukup lumayan, meski luas tanah 900 m2 yang merupakan milik salah satu anggota, degan kegiatan ini saya berharap hasilnya bisa memenuhi kebutuhan pasar," jelasnya.

Fudoiyah berharap pemerintah kabupaten dapat memperhatikan koptan dengan memberikan bantuan secara kontinyu, agar kesejahteraan koptan dapat terpenuhi.

"Saya berharap pemerintah dapat membantu koptan agar menjadi lebih mandiri, seperti bibit, pupuk ataupun alat-alat pertanian," harapnya.

Sementara itu Sulistiono pendamping kelompok tani denrodium menjelaskan kurangnya bantuan yg diberikan oleh pemerintah, dimana koptan membutuhkan peralatan untuk menunjang hasil koptan.


"Kira telah melakukan pengajuan kepada dinas pertanian baik propinsi ataupun kabupaten untuk menyalurkan bantuan kepada kelompok tani bojonegara khusnya klompok tani denrodium yg saya dampingi," katanya

Sulistiono mengaku dengan adanya bantuan dari kolamil, koptam menjadi lebih semangat, pasalnya selain mendapatkan bantuan tenaga, koramil juga memberikan tips untuk bercocok tanam.

"Saya ucapkan terikasih kepada koramil 02 bojonegara, yang mau membantu koptan dilingkungan kami," ungkapnya.(CTB-)
Share To:

SeputarBanten.com

Media Berita Seputar Banten

Post A Comment: