seputarbanten.com-KOMUNITASHOBI, Ikan cupang merupakan salah satu ikan hias yang mudah dipelihara. Budidaya ikan cupang tidak memerlukan tempat luas dan modal yang besar. Sehingga peminat ikan cupang sangat lah banyak, baik anak-anak dan orang dewasa.

Meski di kota cilegon ini terlihat komunitas ikan cupang, namun penggemar ikan cupang di kota cilegon amat banyak, karna harganya yang amat murah.

Dikatakan salah satu penggemar Ikan Cupang, Indra (15), ia sudah lama memilihara banyak jenis ikan cupang, selain harganya yang murah, ikan cupang mudah diternak.

"Harganya tergantung dari jenis ikan, memiliharanya tidak memerlukan tempat yang besar cukup dibotol-botol kecil dan untuk biaya pakanpun cukup murah," tuturnya.

Indra menambahkan kegemarannya terhadap ikan tersebut karna keunikannya, selain ikan itu bisa di adu ikan cupang juga memiliki keindahan tersendiri.

" Plakat, Giant, Halfmoon, Serit, dan lain-lain, kalau saya gak suka untuk diadu, tapi lebih cendrung karna keindahan saat dia berkelok waktu mau diadu," katanya

Berbeda dengan indra, Iwan (20) warga cibeber mengaku kesulitan dalam mencari ikan cupang betina, meski ada itu masih amat kecil.

"Saya kesulitan untuk ternak cupang, karna untuk ikan cupang betinanya sulit sekali di dapat," pengakuannya

Sementara itu, Andi penjual cupang yang berada di bunderan cibeber, mengungkapkan cukup besar hasil dari penjualan cupang, apalagi jika saat rame bisa mencapai 500 ribu perhari.

"Kalau sepi paling sedikit saya dapat 200 ribu, biasanya sih yang beli anak-anak dan dewasa," ungkapnya

Andi menjelaskan, Untuk ikan cupang betina memang sulit karna ia sendiri dari tempatnya membeli tidak pernah dapat, jika pun dapat 1 atau 2 ekor saja itu pun masih belum dewasa.

"Saya gak tau kenapa gak sulit ikan cupang betina, mungkin ini persoalan bisnis saja mas," jelasnya. (Dewan)
Share To:

SeputarBanten.com

Media Berita Seputar Banten

Post A Comment: