seputarvanten.com-SERANG, Dalam mengatasi permasalahan terkait masih adanya wilayah ‎yang belum terlayani dalam pengangkutan Sampah, Dinas Tata Kota (DTK) Serang akan menggandeng pihak ketiga untuk dalam menambah petugas ‎pengangkutan sampah baik di daerah yang sudah terlayani maupun daerah yang belum terlayani pengangkutan sampahnya.

Kepala bidang kebersihan pada Dinas Tata Kota Serang, Tb ‎Hasanudin mengatakan, bahwa pihaknya menggandeng pihak ketiga ‎lantaran pada sekarang sarana dan prasarana yang ada di DTK untuk melayani ‎seluruh wilayah kota serang sangat terbatas. Namun demikian, meskipun ‎pelayanan diberikan kepada pihak ketiga, mereka tetap ‎diwajibakan membayar retribusi ke kas daerah.

"Tapi pihak ketiga juga harus memiliki izin dari pihak dari kami, dan Pihak ketiga yang sudah deil sama kami serta persyaratanya telah lengkap ada ‎sekitar 27 pengusaha. Kemudian kita pun akan mengarahkan mereka untuk lokasi mana saja yang ‎akan di ambil dan dengan jenis kendaraan apa," tuturnya

Tb ‎Hasanudin menambahkan, Pihakbya akan mengenakan tarif retribusi, besarnya akan disesuaikan dengan jenis kendaraan pengangkut, misalnya ‎menggunakan mobil dan dibuang langsung ke tempat pembuangan sampah ‎Akhir (TPSA) cilowong maka dikenakan biaya retribusi sebesar Rp10 ribu ‎per Kubik. Sementara jika menggunakan Cator dan di buang ke kontainer atau TPS dikenatakan tarif retribusi Rp3000 per rumah.

"Kalo di‎angkut oleh pihak DTK retribusinya 3 ribuperbulan untuk satu rumah, sementara jika dilakukan oleh pihak ketiga biasanya sampai 15 ribu ‎perbulannya. Karena ada jasa angkutan," tambahnya

Kemudian, masih kata Hasanudin, bahwa pada sekarang masih banyak daerah yang belum ‎terlayani pengangkutan sampah lantaran masih kurangnya kendaraan yang digunakan untuk mengangut sampat tersebut.

"Yang ada sekarang dari ‎pengadaan hanya 6 unit, sisanya hibah dari Kabupaten Serang. Kemarin ‎kami mengusulkan dutruk sebanyak 5 unit, dan mobil satgas 6 unit, tapi ‎karena ada penundaan DAU jadi di pangkas anggarannya. Makanya kita membutuhkan bantuan pengusaha," tandasnya. (CTB-).
Share To:

SeputarBanten.com

Media Berita Seputar Banten

Post A Comment: