seputarbanten.com-SERANG, Sebanyak 140 Kepala SD Negeri dan swasta di Kota Serang selesai mengikuti pelatihan Karya Tulis Ilmiah (KTI) yang digelar oleh Lembaga Informasi Pembangunan Nasional (Lipnas) yang berkerja sama dengan  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Serang.

Pantauan dilokasi, pelatihan karya tulis yang digelar di salah satu hotel di Kota Serang akhirnya berjalan lancar. KTI itu pun dilaksanakan selama dua hari dnegan diikuti ratusan kepala SD yang bergembira dan senang,

Selaku Pemateri, Prof. Mat Syuroh
menerangkan, bahwa tentang pembuatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Pembuatan Artikel Jurnal serta angka kredit dan Kenaikan Pangkat harus bener-bener diteliti dengan baik.

“Karena hal yang paling utama dalam menulis KTI adalah, seorang guru harus melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Untuk kenaikan pangkat, sekarang guru harus melakukan penelitian terhadap dirinya sendiri atau menganalisa pekerjaan sehari-harinya saat mengajar di kelas, yang nanti dibukukan,” katanya

Di tempat yang sama, Kepala SDN 4 Benggala, Enah Suhaenah sangat mengapresiasai kegiatan tersebut, karena dapat bermanfaat baginya dan kawan-kawan guru lainya.

“Acara ini bagi saya dan kawan-kawan yang lain tentu sangat bermanfaat sekali, kita jadi tahu cara pembuatan Penelitian kelas. Alhamdulillah, tidak ada kesulitan dalam kenaikan pangkat,” paparnya.

Lebih lanjut Enah menjelaskan, di sekolah mayoritas guru sudah memiliki pangkat yang cukup. Di level golongan 4 B terdapat tiga orang, termasuk dirinya.

“Memang rata-rata guru di SDN 4 Benggala masih banyak yang ada di golongan 3 A, 3 B dan 3C. Serta ada dua orang guru yang sudah mendapat golongan  2 B,” ujarnya.

Hal yang sama juga disampaikan Kepala SDN Cilaku, Kecamatan Curung, Kota Serang, Udin mengatakan, sekolahnya akan terus mendorong para guru-gurunya untuk terus meningkatkan kualitas pengajarannya serta meningkataan jabatan pangkatnya.

“Total guru di kami ada 16 guru. Tapi yang baru berada digolongan 4 B ada beberapa saja.  Dan yang lainnya masih berada di golongan 4 A. Kita akan terus mendorong kepada guru untuk tetap semangat dalam melakuan peningkatan kinerja dan pengabdian mereka,” ujarnya.

Sementara itu, Kasi Kesiswaan SD Dindikbud Kota Serang, Diah Patriasih mengatkan, bahwa jumlah guru SDN PNS di Kota Serang  mencapai 1.977 guru, dan Ia berharap, pada tahun berikutnya, semakin bertambah guru yang diangkat menjadi PNS.

"Karena dengan begitu makin banyak guru yang mendapatkan kesejahteraan dengan usaha yang dilakukanya," tutupnya. (CTB-).
Share To:

SeputarBanten.com

Media Berita Seputar Banten

Post A Comment: