seputarbanten.com-SERANG, Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Jawilan tengah berupaya dalam mengembangkan program unggulanya, yakni wirausaha.

Sekolah pun tengah konsen menumbuhkan jiwa-jiwa wirausaha bagi lulusan siswa didiknya. Hal tersebut dikatakan oleh, Kepala SMAN 1 Jawilan, Kabupaten Serang, Rustomi Effendi saat ditemui disekolah, Jum’at (14/10).

"Dalam mengembangkan sekolah agar lebih maju lagi, kita sedang mengembangkan program kewirausahaan yang merupakan aktualisasi mata pelajaran dari Prakarya dan Kewirausahaan Kurikulum 2013 yang terdiri dari bidang kerajinan, rekayasa, budidaya, dan pengolahan," katanya.

Lebih lanjut Rustomi Effendi hal tersebut merupakan salah satu target sekolah pada 2020 mendatang yang ingin merubah sekolah menjadi sekolah unggulan di bidang kewirausahaan, olahraga, seni dan budaya. Karena dalam membangun program kewirausahaan yang paling utama adalah membangun kemitraan dengan para pengusaha. Supaya pengembangan kewirausahan dapat menghasilkan siswa serta siswi yang mandiri, serta memiliki karya usaha yang bagus hingga mempunyai ide-ide cemerlang.

"Alhamdulillah di sekolah kita, tim wirausahanya sudah menghasilkan ukiran atau kerajinan tangan dari bambu dan kue. Ada juga kelompok ternak lele. Kelompok rekayasa seperti memperbaiki komputer bekas. Ada lagi pengolahan singkong yang dimodifikasi banyak cara, seperti jadi keripik dengan bermacam rasa," jelasnya.

Rustomi Effendi menerangkan khusus bagi program pembinaan kewirausahan di SMAN 1 Jawilan terdapat 56 kelompok yang masing-masing kelompok usahan mendapatkan dana bantuan satu juta.

"Dana ini didapat dari dana bantuan Kemendikbud pusat dalam program pembinaan kewirausahaan untuk penguatan Kurikulum 2013 di sekolah," ujarnya.

Ia berharap, dengan adanya pembelajaran wirausaha ini, pelajar semakin termotivasi serta mempelajari nilai-nilai wirausaha yang nantinya mereka bisa jadi pengusaha sukses nantinya.

“Jadi setelah mereka lulus sekolah tidak mempunyai pemikiran untuk mencari pekerjaan. Tapi malahan bertekad untuk membuat usaha, dan jadinya bisa mengurangi pengangguran di Kabupaten Serang,” pungkasnya. (CTB-).
Share To:

SeputarBanten.com

Media Berita Seputar Banten

Post A Comment: