seputarbanten.com-CILEGON, Dalam rangka meningkatkan minat warga dalam mengikuti program Keluarga Berencana (KB), Kelurahan Karang Asem Kecamatan Cibeber Kota Cilegon, melakukan sosialisasi Intergasi Kampung KB, Di lingkungan cikerut Rt 05 Rw 04 kelurahan karang asem, yang merupakan kampung KB di kota cilegon.(29/10)

Dalam kegiatan yang dilaksanakan di halaman madrasah Madrasah Diniah Al-Jauharotunnakiah dihadiri Camat kecamatan Cibeber, Kepala Kelurahan Karang Asem, PLH Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Banten, BKKBN Kota Cilegon, Dan Anggota DPR RI Komisi IX.

Menurut Camat kecamatan Cibeber Noviyogi Hermawan seusai acara mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bentuk peningkatan minat ber-KB warga yang selama ini dinilai minim.

"Dijadikannya lingkungan cikerut sebagai kampung KB karna angka minat ber-KB warga sangatlah minim, untuk itu dengan adanya sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan minat warga," katanya

Ditempat yang sama Kepala Lelurahan Karang Asem Mansur Masnun, Mengaku setelah ditetapkannya lingkungan cikerut menjadi kampung KB sejak lima bulan yang lalu, hingga saat ini sudah banyak peningkatan.

" Semula warga yang minat dalam ber-KB hanya 60 persen setelah ditetapkan menjadi kampung KB sudah banyak peningkatan, ini terbukti dari sudaah banyaknya warga yang mengikuti KB," pengakuannya

Sementara itu Siti Masrifah anggota DPR RI Komisi IX, Menjelaskan kedatangannya dalam acara tersebut untuk melakukan sosialisasi KKBPK, yang mana lingkungan cikerut telah ditetapkan sebagai kampung KB, yang terindikasi masyarakat masih kurang kesadaran dalam ber-KB.

"Dari tiga tempat di provinsi banten, lingkungan cikerut merupakan yang masih kurang pengetahuan tentang KB, dengan sosilisasi ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan KB kepada masyarakat," jelasnya

Lebih lanjut Siti Masrifah menerangkan dalam sosialisasi tersebut ia mengajak masyarakat sadar akan pentingnya KB, dengan tidak menambah jumlah anak, mengatur jarak kelahiran, dan menjaga keluarganya dengan perencanaan keluarga yang baik.

" Dalam program KKBPK ada tri bina, 1. Bina keluarga balita, bina keluarga remaja dan bina keluarga lansia, denga tribina ini diharapkan memiliki balita yang sehat, remaja tidak menikah dini," terangnya

PLH Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Banten, Rusman Efendi Mengungkapkan pihaknya dalam memilih kampung KB mencari lingkungan yang warganya masih minim dalam minat ber-KB hal ini agar ada peningkatan pada lingkungan yang minim.

" secara umum pengetahuan tentang KB warga cikerut telah mengetahui tentang KB, akan tetapi dalam pelaksanaanya saja yang kurang, oleh karnanya selain sosialisasi ini kita juga akan terua melakukan pembinaan, selaim pembimaan program KB kita juga melakukan pemberdayaan kepada warga di kampung KB," ungkapnya.(Dewan)
Share To:

SeputarBanten.com

Media Berita Seputar Banten

Post A Comment: