seputarbanten.com-MERAK, Dari hasil Peraktak Berbasik Lapangan (PBL) mahasiswa politeknik kesehatan bandung, tentang survey senetasi pemukiman di Rt 02 dan 03 Rw 04 Kelurahan Taman Sari Kecamatan Pulomerak di dapati banyak warga yang terkena kispa dan Tuberkulosis (TB).

Survey yang di lakukan selama satu minggu (14-21/11), menurut Hanung Nurani, di dapati dari 49 rumah yang di survey 35 pasitiv terkena ispa dan TB.

"Dari survey kami selama satu minggu di dua lingkungan di Rt 02 dan 03 di dapati 75 persen warga positiv terkena kista dan Tb," katanya diselag-selah pamitan dengan kepala kelurahan (22/11)

Hanung menerangkan survey yang dilakukannya, mencakup pengukuran kondisi lingkungan, pencahayaan suhu dan kelembapan, dan mendapati di sebagian penderita keadaan rumahnya senetasi yang ada cukup kurang.

"Tetapi warga di sini dapat menerima saran kami, hampir satu minggu, semua saran yang kami berikan kepada warga untuk menciptakan senetasi yang cukup, semua dilakukan oleh warga," terangnya

Sementara itu, kepala kelurahan taman Sari, Tb Eddi Sugara mengaku sudah sejak lama kelurahnnya bersama puskemas pulomerak membetuk paguyuban warga terkena kispa dan Tb.

"Setiap satu bulan sekali paguyuban tersebut melakukan konsoling," pengakuannya

Akan tetapi, Eddi berharap agar warga selalu membiasakan diri dengan hidup sehat, terutama dengan membuat senetasi lingkungan menjadi lebih sehat.

"Saya meminta kepada warga agar selalu menjaga senetasi lingkungan menjadi lebih sehat," harapnya.(Ipul)
Share To:

PortalMuslim.com

Media Referensi Muslim - Amar Ma'ruf Nahi Munkar

Post A Comment: