sepuratbanten.com-CILEGON, Hujan yang turun malam tadi (28/11), menyebabkan banjir di lingkungan kranggot kelurahan sukmajaya kecamatan jombang, tepatnya di jembatan kali keranggot, menuju perumahan taman cilegon.

Banjir setinggi lutut orang dewasa menyebabkan, kendaraan yang akan melintas baik dari arah pasar keranggot atau sebaliknya mesti berhati-hati, karna dari pantauan seputar banten dilokasi beberapa kendaraan roda dua mengalami mogok.

Kepada seputar banten, salah seorang warga Rt 03 Rw 04 Lingkungan kranggot, Hanafi mengatakan banjir yang terjadi merupakan banjir musiman setiap musim hujan, selain merendan jalan banjir juga memasuki rumah warga hingga paha orang dewasa.

"Kalau intensiras hujan sangat tinggi, rumah warga akan terendam hingga paha orang dewasa, dan warga mesti menyelamatkan barang miliknya kerumah sanak keluarga yang lain atau kedaerah yang lebih tinggi, bahkan pernah banjir yang merendam rumah warga hingga 4 hari baru surut," katanya.

Kepala Kelurahan Sukmajaya, Ade Risky Kurniawan, yang mengetahui hal tersebut langsung tanggap dan mendatangi lokasi banjir, menurutnya banjir yang terjadi merupakan banjir kiriman dari kali yang bersumber pada kali cibeber, dan juga penumpukan sampah yang terbawa air.

"Kali keranggot ini merupakan jalur air menuju waduk dari kali-kali yang ada di lingkungan sekitar seperti kali cibeber, sehingga jika debid hujan sangat tinggi dan juga sampah yang terbawa air menyumbat di jembatan kali tersebut, maka lingkungan keranggot sudah dipastikan banjir," tuturnya

Risky menjelaskan pihaknya telah berkordinasi dengan BPBD Kota Cilegon, Dinas Sosisal Kota Cilegon dan Puskesmas Jombag, serta melakukan kerja bakti bersama warga, agar sampah yang menyumbat di bawah jembat dapat dibersihkan.

"Jembatan kali keranggot, yang merupakan akses jalan menuju perumahan taman cilegon atau sebaliknya , keadanya sangat rendah, untuk iti saya sudah mengusulkan kepada dinas pekerjaan umum untuk dapat melakukan perbaikan pada jembatan dan juga perawatan pada gorong-gorong yang sudah tidak mampu menampung debit air," jelasnya

Akibat banjir tersebut, Risky menjelaskan dua lingkungan yang ada dikelurahan terendam banjir, yaitu dilingkungan kranggot Rt 03 Rw 04 sekitar 50 rumah, sedangkan untuk lingkungan seneja rel kereta sekitar 40 rumah, dan ia pun telah menghimbau warga jika ada yang terdampak penyakit akibat banjir tersebut segera melakukan pemeriksaan baik ke puskesdes atau puskesmas.

"Saya menghimbau kepada warga agar tidak membuag sampah sembarangan, terutana pada aliran kali yang dapat menyebabkan banjir," himbaunya.(Ipul)
Share To:

PortalMuslim.com

Media Referensi Muslim - Amar Ma'ruf Nahi Munkar

Post A Comment: