seputarbanten.com-SERANG, Plt Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Serang, Toyalis mengungkapkan bahwa di Kota Serang, Kasus kematian ibu dan human immunodeficiency virus (HIV) dan acquired immunodeficiency syndrome (AIDS) mengalami peneningkatan.

Untuk kasus kematian ibu,hingga bulan November 2016 ini sebanyak 11 orang sedangkan tahun 2015 yaitu sebanyak 9 orang. Sementara, untuk kasus  HIV mencapai 15 orang. Jumlah tersebut meningkat dari tahun sebelumnya yaitu sembilan orang.

"Pada AIDS juga mengalami kenaikan, tahun ini jumlahnya mencapai 28 orang. Sedangkan tahun lalu hanya 22 orang. Dan penderita yang meninggal dunia lima orang," katanya

Berdasarkan data yang ia miliki, sejak tahun 2007 sampai saat saat ini jumlah penderita HIV mencapai 92 orang. Sedangkan AIDS 169 orang. Menurutnya, jumlah tersebut berdasarkan hasil pemeriksaan dan laporan.

"Kami juga terus berupaya menekan jumlah tersebut dengan datang kepada kelompok penderita penyakit beresiko tinggi tersebut, dan melakukan sosialisasi agar para ibu memeriksakan kandungannya," jelasnya.

Sementara itu, pengelola program HIV AIDS dan TBC Dinkes Kota Serang Dedeh Gilang Nugraha mengatakan, kasus HIV AIDS terbanyak terjadi di kecamatan Serang. Ia mengungkapkan, berdasarkan data, jumlah penderita HIV AIDS di Puskesmas Ciracas sebanyak lima orang, Puskesmas Rau tiga orang dan meningal satu orang, puskesmas serang kota empat orang, puskesmas singandaru empat orang, dan puskesmas unyur satu orang.

"Kemudian,di Puskesmas Taktakan tujuh orang dan meninggal dunia dua orang, puskesmas kasemen tiga orang, puskesmas kilasah satu orang, puskesmas kalodran empat orang, puskesmas banjar agung satu orang, puskesmas cipocok jaya satu orang dan puskesmas banten girang tiga orang," paparnya.

Ia menjelaskan, ada beberapa faktor penyebab HIV AIDS yang terjadi di Kota Serang. Dan paling banyak disebabkan oleh heteroseksual yaitu sebanyak 27 kasus. Selain itu, homoseksual juga menymbangkan angka penyebab dengan jumlah yang cukup banyak yaitu 13 kasus.

"Kasus ini paling banyak diderita oleh laki-laki dan mayoritas usia dewasa. Namun ada juga usia 0-14 tahun yang menderita HIV AIDS sebanyak tiga orang," ujarnya. (CTB).
Share To:

PortalMuslim.com

Media Referensi Muslim - Amar Ma'ruf Nahi Munkar

Post A Comment: