seputarbanten.com-PROFIL, Firmansyah pria kelahiran Cilegon 20 Mei 1972, sejak 10 tahun yang lalu mencoba menggeluti berbagai macam batik, berawal dari membaca dan melihat proses membatik hingga kini ia dapat menuangkan ide kretibnya dalam sebuat karya batik.

Keinginan membatik ini bermula karna keinginannya untuk memperkenalkan kebudayaan dari provinsi banten, sehingga hampir sebagian besar hasil karyanya merupakan kebudayaan yang ada di provimsi banten.

"Awalnya saya melihat corak dalam batik itu biasanya dari daerah jawa, sehingga saya punya keinginan untuk membuat batik dengan motiv dari kebudayaan provinsi banten," katanya

Pria dengan 3 anak ini mengaku meski ia mengambil teknik membatik atau pakem modern namun ia dalam memperkenalkan kebudayaan banten di dalam membatik dia menginginkan hal yang berbeda.

"Karya yang saya buat itu berbeda dengan batik lain, saya lebih memperkenalkan kebudayaan banten lebih kearah kearipan lokal, batik biasanya dibedakan berdasarkan pakemnya," pengakuannya

Firman yang pernah bekerja sebagai karyawan industri yang ada di kota cilegon, selain telah menciptakan banyak karya batik, ia juga banyak memberikan ilmunya kepada warga yang inigi belajar.

"Siswa Sekolah Dasar (SD) Hingga Mahasiswa banyak yang telah berajar di tempat kami (Sanggar batik krakatoa_Red), hal ini juga untuk terus menumbuhkan generasi muda dalam membatik dan memperkenalkan kebudayaan banten," jelasnya.(Ipul)
Share To:

SeputarBanten.com

Media Berita Seputar Banten

Post A Comment: