seputarbanten.com-MERAK, Berdasarkan laporan dari komite sekolah SDN Bumi Waras terlait bangaknya siswa yang tidak memiliki akte kelahiran, Kelurahan Taman Sari Kecamatan Pulomerak akan melakukan Itsbat nikah gratis kepada 20 Pasangan suami istri, Hal tersebut di katakan pelaksana kesra kelurahan taman sari, Aay Saifulrohman.

" Dari laporan komite sekolah SDN Bumi Waras dari 40 siswa baru 20 persennya tidak memiliki akte kelahiran, sehingga ia berpikir untuk melakukan itsbat kepada orang tua siswa tersebut secara gratis," katanya.

Menurut Aay untuk itsbat gratis tersebut sebenarnya sudah lama ingin dilakukan, namun karna waktu yang belum singkron akhirnya akan dilaksanakan pada bulam Desember 2016.

"Semula saya mencoba mengusulkan Itsbat ke pengadilan menggunakan dana untuk keluarga tidak mampu, namun anggaran tersebut telah terpakai, sehingga saya usulkan ke kelurahan dan disetujui," tuturnya.

Sementara itu kepala kelurahan taman sari, TB.Eddi Sugara mengaku untuk itsbat gratis tersebut dilakukan dengan mengajak Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM).

"Ini kita lakukan untuk membantu keluarga kurang mampu agar memiliki surat nikah dan juga membantu anak mereka memiliki akte kelahiran," pengakuannya

Edi menerangkan untuk tahap pertama ini iya lakukan untuk 20 orang selain karna anggaran dana, ia juga akan mengevaluasi jumlah keinginan warga yang akan melakukan itsbat.

"Jika pada tahap ini banyak yang melakukan itsbat, pada tahun 2017 kita akan lakukan lagi dengan menambah jumlah pesertanya," terangnya.(Ipul)
Share To:

SeputarBanten.com

Media Berita Seputar Banten

Post A Comment: