seputarbanten.com-SERANG, Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan instansi pemerintah terhadap masyarakat, Tim BPS Kota Serang melakukan survei penilaian integritas terhadap Instansi pemerintah di Kota Serang. Penilaian ini merupakan kerjasama antara KPK dan BPS.

Kepala BPS Kota Serang, Achmad Widijanto mengatakan, kedatanganya keenam SKPD tersebut berdasarkan perintah dari KPK, untuk menilai integritas pelayanan yang diberikan kepada masyarakat Kota Serang.

" Kami datang ke sini untuk melakukan pendataan terhadap beberapa instansi di Pemkot Serang terkait penilaian integritas pelayanan pemerintah daerah pada masyarakat. Ada enam instansi yang dijadikan sampel dalam penilaian  ini di antaranya Dindikbud Kota Serang, Dinkes, Dinas PU, BPTPM,ULP, DPKD,"ujarnya saat ditemui di Kantor Dindikbud Kota Serang, Rabu(9/11).

Penilaian integritas, dijelaskan Achmad, akan jadi rekomendasi KPK dalam menilai sebuah pelayanan pemerintah daerah terhadap masyarakat. Penilaian itu untuk mengukur kinerja pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan pada masyarakat, dan juga menilai kinerja para pegawai yang bekerja di instansi pemerintah daerah sampai sejauh mana pegawai bekerja melayani masyarakat.

"Jadi kegiatan ini menunjang agar pemda bisa bekerja maksimal. Dan data yang kami dapat dari instansi-instansi ini langsung kami serahkan ke KPK, nanti mereka yang mengolahnya dan kemudian KPK akan memberikan penilaian terhadap Pemda tersebut. Nilai standar integritasnya yaitu 5 dan itu merupakan nilai sempurna, nah jika nanti hasil penilaiannya dibawah 5 maka harus diperbaiki pelayanannya," jelasnya.

Kemudian, sambungnya, apabila dalam penilaian integritas sendiri, 6 Dinas tersebut tidak memperbaiki kinerjanya. Lalu dilakukan penilaian kembali, dan hasilnya masih dibawah standar.

"Berarti siap untuk mendapatkan hadiah yang cukup spesial dari KPK sendiri, karena akan ada penelusuran dan kedatangan secara mendadak," jelasnya.

Di tempat sama, Kadindikbud Kota Serang, Achmad Zubaidillah mengaku tidak masalah dengan adanya penilaian pelayanan kepada masyarakat. Karena pihaknya selama ini selalu memberikan yang terbaik untuk masyarakat.

"Bahkan kita pun tidak meminta imbalan ataupun pungutan sepeser pun," pungkasnya. (CTB-).
Share To:

SeputarBanten.com

Media Berita Seputar Banten

Post A Comment: