seputarbanten.com-CILEGON, Tradisi membuat emping dari bahan melinjo atau buah biji tangkil, sudah merupakan tradisi warga kelurahan pabean kecamatan purwakarta sejak jaman dahulu dan di lakukan secara tradisional.

Dari pantauan seputar banten hampir di setiap rumah warga dilingkungan tersebut melakukan pembuatan emping, seperti yang dilakukan salah seorang warga pecinan Rt 03 Rw 01, Maimunah.

Menurut Maimunah kegiatan tersebut sudah ia lakukan sejak kecil, dengan menggunakan alat tradisional seperti menggunakan tungku dan kayu bakar.

"Mengemping ini sudah dilakukan oleh warga disini sejak dahulu, dan di ajarkan secara turun temurun, untuk penjualan kita kirim kepasar yang ada di cilegon," tuturnya

Sementara saat ditanya mengenai bahan baku, Maimunah mengaku selain dari tanaman yang ada di lingkungan pabean, ia juga membeli pada tengkulak yang menerima emping.

"Untuk tanaman tangkil disini tidak mencukupi, sehingga warga harus membeli baham baku dari tengkulak yang menerima emping," pengakuannya.

Sementara itu kepala kelurahan pabean, Hidayatullah ditemui saat melakukan kunjungan dan mencoba membantu warga mengemping mengatakan, proses mengemping secara tradisiomal tersebut di ajarkan sejak dahulu, sehingga hampir setiap warga mampu membuat emping, termasuk dirinya dan ia pun akan mencoba membantu warga dalam memasarkan emping agar lebih mudah.

"Kita akan mencoba menampung emping, dengan cara membeli dari warga dengan harga yang sama, mamun pihak kelurahan saat ini masih mengkaji prospek dari kegiatan tersebut.

"Kalau kita bisa membeli dan menyediakan bahan baku dengan harga yang sama dengan di tempat lain, kemungkinan hal ini akan memudahkan warga dalam meningkatkan hasil produksi empingnya," katanya

Keinginan menampung hasil emping, menurut Dayat guna meningkatkan kesejahteraan warga yang sebagian besar memproduksi emping.

"Kita sedang pikirkan agar kegiatan perekonomian warga ini dapat berjalan lancar, dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ungkapnya.(Ipul)
Share To:

SeputarBanten.com

Media Berita Seputar Banten

Post A Comment: