seputarbanten.com-CILEGON, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Cilegon menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan (diklat) penyusunan laporan keuangan berbasis akrual yang berlangsung dari tanggal 31 Oktober sampai dengan 25 November dan dibuka oleh Plt. Sekretaris Daerah Kota Cilegon, Ratu Ati Marliati di Hotel Grand Mangku Putra, Cilegon, Senin (31/10).

Ati dalam sambutannya menyambut baik diadakannya diklat ini, karena reformasi yang terjadi di Negara ini berdampak pada tuntutan Masyarakat untuk mereformasi juga masalah keuangan negara kita.

"Secara khusus saya menyambut baik diadakannya diklat ini, agar saudara-saudara semakin memahami dan memiliki pengetahuan, keahlian, serta keterampilan untuk dapat melaksanakan tugas secara profesional dengan dilandasi kepribadian dan etika dalam menyusun laporan keuangan sesuai dengan ketentuan yang berlaku," ungkapnya.

Lebih lanjut, Ati menjelaskan Pemerintah Indonesia telah mencanangkan reformasi di bidang keuangan Negara, dan salah satu reformasi yang dilakukan adalah keharusan penerapan akuntansi berbasis akrual pada setiap instansi Pemerintahan.

"Penerapan akuntansi berbasis akrual harus dilaksanakan pada setiap instansi Pemerintahan, baik Pemerintah pusat maupun Pemerintahan Daerah, hal ini bertujuan agar keuangan negara dikelola secara tertib, taat pada peraturan perundangundangan, efisien, ekonomis, efektif, transparan dan bertanggung jawab dengan memperhatikan rasa keadilan dan kepatutan," jelasnya.

Menurut Ati, Laporan keuangan berbasis akrual dalam akuntansi dapat memenuhi hal-hal yang berdampak baik bagi laporan keuangan jangka panjang.

"Laporan keuangan berbasis akrual ini dianggap lebih mampu menyediakan hal-hal yang terkait dengan sistem akuntansi yang lebih baik, yang dapat mendukung dalam pembuatan keputusan, dan merupakan konsekuensi jangka panjang dari suatu kebijakan Daerah, dibandingkan dengan laporan keuangan berbasis kas yang dipakai selama ini oleh Negara kita," katanya.

Dengan diadakannya diklat ini, Ati berharap peserta diklat mendapatkan pengetahuan teknis guna mempersiapkan ketersediaan sumber daya manusia dalam hal penatausahaan dan penyusunan laporan keuangan Pemerintah Daerah.

"Dengan disiapkannya ketersediaan Sumber Daya Manusia dalam hal penyusunan laporan berbasis akrual diharapkan konsep dari laporan keuangan berbasis akrual yang diartikan suatu basis akuntansi dimana transaksi ekonomi atau peristiwa akuntansi diakui, dicatat, dan disajikan dalam laporan keuangan pada saat terjadinya transaksi tersebut, tanpa memperhatikan waktu kas diterima atau dibayarkan, dapat dipahami peserta diklat sehingga kedepannya laporan keuangan Pemerintah Kota Cilegon sudah menerapkan berbasis akrual ini," ungkapnya.

Kepala Bidang Diklat BKD Kota Cilegon, Yunan Nurkholis menjelaskan tujuan diadakannya diklat ini adalah untuk mempersiapkan ketersediaan aparatur yang kompeten dalam bidang penyusunan laporan keuangan berbasis akrual.

"Tujuan diadakannya diklat ini adalah mempersiapkan ketersediaan aparatur yang berkompeten dan mendorong terwujudnya efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas yang dapat meningkatkan daya saing nasional, dan manfaat dari laporan keuangan berbasis akrual ini antara lain, memberikan gambaran yang utus atas posisi keuangan Pemerintah, menyajikan informasi yang sebenrnya mengenai hak dan kewajiban Pemerintah, bermanfaat dalam mengevaluasi kinerja Pemerintah terkaityy biaya jasa layanan, efisiensi dan pencapaian tujuan," ungkapnya.

Jumlah peserta diklat laporan keuangan berbasis akrual ini sebanyak 120 orang terdiri dari perwakilan tiap SKPD di Lingkungan Pemerintah Kota Cilegon dengan menghadirkan pemateri dari Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP). (Ipul)
Share To:

SeputarBanten.com

Media Berita Seputar Banten

Post A Comment: