seputarbanten.com-SERANG, Sisa pencairan dana desa (DD) baik tahap tiga maupun tahap empat yang belum terserap akan berpotensi menjadi luncuran pada tahun berikutnya.

Pada pencairan tahap tiga, sebanyak 13 desa belum menyerap DD, sedangkan untuk tahap empat sebanyak 113 desa juga belum menyerap DD tersebut, padahal batas maksimal penyerapan DD tahap empat yaitu sampai 10 Desember, atau tinggal dua hari lagi.

Kabag Pemerintahan Desa (Pemdes) Pemkab Serang Rudi Suhartanto mengatakan, pihaknya masih menunggu desa-desa yang belum menyerap DD.

“Sampai saat ini kita masih menunggu, karena batas maksimal penyerapan sampai tanggal 10, sementara sampai hari ini untuk tahap tiga masih 13 desa yang belum menyerap dan tahap empat masih 113 yang belum. Kita tidak tahu apakah nanti terserap semua atau tidak, kita sih pinginnya terserap semua,” kata Rudi, Rabu (7/12).

Ia menjelaskan, jika sampai batas waktu maksimal penyerapan DD ada yang belum terserap, maka anggaran yang ada akan diluncurkan pada tahun berikutnya.

“Kalau tidak terserap sampai tanggal 10 akan diluncurkan tahun depan mau gimana lagi. Untuk nilainya ada di kantor, termasuk desa mana saja yang belum menyerap, kebetulan saya sedang ada acara diluar. Kita sudah mengimbau kepada para camat dan kepala desa agar secepatnya membuat laporan,” ujarnya.

Rudi menuturkan, adapun alasan belum terserapnya DD oleh sejumlah desa tersebut karena alasan klasik yaitu terkait dengan belum selesainya dalam membuat laporan pertanggungjawaban (LPJ).

“Alasannya mereka belum menyelesaikan LPJ, kalau sudah ngasih laporan kita langsung kirim anggarannya. Kita tidak tahu apa yang menjadi kendala bagi para desa dalam membuat laporan, yang tahu hanya camat dan kepala desanya,” tuturnya.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Serang Ida Rosida Lutfi mengatakan, tidak patut jika alasan tidak terserapnya DD karena persoalan administratif.
“Itu kan prosedural yang harus ditempuh dan harus ada konsekuensinya. Kalau misal tersendatnya karena masalah laporan berarti itu menunjukan ketidakmampuan seorang kepala desa. Saya harap persoalan seperti ini tidak terjadi lagi karena dana desa ini cukup membantu untuk masyarakat di desa-desa,” kata Ida. (*)
Share To:

PortalMuslim.com

Media Referensi Muslim - Amar Ma'ruf Nahi Munkar

Post A Comment: