seputarbanten.com-CILEGON, Puluhan remaja dari lingkungan Kelurahan Gedung Dalem Kecamatan Jombang, pagi tadi (19/12), mengikuti sosialisasi batas umur boleh menikah di aula kantor kelurahan.

Selain para remaja hadir pula ketua Rt dan Rw serta kader dari beberapa lingkungan, mereka di berikan arahan oleh Kantor Urusan Agama (KUA) Jombang tentang batasan usia yang diperbolehkan untuk menikah.

Ditemui seusai acara, Kepala Seksi (Kasi) Kesejahteraan Sosial (Kesos) Kelurahan Gedung Dalam, Nia Kania Suyawati Mengatakan, Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk menekan angka pernikahan di bawah umur, hal ini pun untuk menekan gagalnya suatu pernikahan.

"Usia nikah diharapkan mendapatkan kematangan, baik secara umur maupun kemapanan calon remaja yang akan menukah, sehingga usia pernikahan dapat berjalan langgeng," ungkapnya

Ia menegaskan, Jika ada dilingkungannya yang meminta untuk di nikahkan sebelum umurnya sesuai dengan ketentuan, Nia akan menolaknya.

"Jika pun ada warga yang memaksa untuk dinikahkan dengan umur belum sesuai, maka saya akan meminta kepada warga untuk datang kepengadilan agama, karna hal tersebut di putuskan oleh pengadilan agama," tegasnya

Sementara itu, Sekertaris Lurah Lelurahan Gedung Dalem Nurul Jannah, Berharap dengan sosialisasi tersebut dapat memberikan pemahaman kepada warga, terutama remaja dan orang tua dalam menentukan usia untuk menikah.

"Meski dilingkungan kelurahan gedung dalem, masih ada warga yang melakukan pernikahan dengan usia yang belum cukup, akan tetapi jumlahnya masih sedikit, oleh karnanya dengan sosialisasi ini diharapkan hal tersebit tidak ada lagi," harapnya.(Ipul)
Share To:

SeputarBanten.com

Media Berita Seputar Banten

Post A Comment: