seputarbanten.com-CILEGON,Mutasi jabatan dilingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon dikabarkan akan diawali oleh penetapan pada eselon tiga (III) dan empat (IV).

Mutasi eselon 3 dan 4 yang akan dilakukan Desember ini menyusul ditetapkannya Peraturan Daerah (Perda) Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang baru.
Pada program penempatan jabatan dikalangan pejabat eselon empat dikabarkan akan terjadi banyak perubahan formasi, baik yang rotasi maupun promosi.

Situasi berbeda pada pejabat eselon tiga, terutama para camat yang diisukan hanya akan terjadi rotasi dari satu camat ke camat yang lain.

Dimana, saat ini Camat Jombang dijabat Agus Ariadi, Camat Cibeber Noviyogi Hermawan, Camat Cilegon Idad Zaldad, Camat Citangkil Joko Purwanto, Camat Ciwandan AH Junaedi, Camat Purwakarta Baluqia Ikbal, Camat Grogol Hudri Hasun dan Camat Pulomerak Juhadi M Syukur.

Wakil Walikota Cilegon, Edi Ariadi mengatakan, pengisian pejabat pada OPD baru akan diawali dari pejabat eselon 3 dan 4 dalam waktu dekat atau dalam bulan Desember 2016.

"Adanya OPD baru sudah kita buat Bidang-Bidangnya sebagian, tinggal kita isi orang-orangnya eselon 3 dan 4 dulu," katanya

Dijelaskan Edi, pengisian OPD baru akan dilakukan Desember. Hal itu dilakukan, agar pada Januari 2017 sudah bisa menjalankan program kerja. Saat ini, pihaknya masih merumuskan pejabat yang akan mengisi OPD baru.

"Desember kita isi, 2017 sudah oke semua. Mungkin akhir Desember akan diisi," jelasnya.

Kepala Bagian (Kabag) Organisasi pada Sekretariat Daerah (Setda) Pemkot Cilegon, Didin S Maulana mengatakan, sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah, seharusnya pada bulan Desember 2016. Hal tersebut dilakukan agar memasuki tahun 2017 OPD baru sudah bisa menjalankan program kerja tahun 2017.

"OPD baru, Desember sudah harus disesuaikan dengan perangkat yang baru juga. Itu saran Pemerintah Pusat," jelasnya.

Ditambahkan Didin, di Pemkot Cilegon akan ada tiga OPD baru pada tahun 2017 meliputi, Dinas Kominfo, Dinas Koperasi dan UMKM, dan Badan Pengadaan Barang dan Jasa.

Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Kota Cilegon, Mahmudin mengatakan, saat ini BKD belum menerima struktur organisasi OPD baru yang sesuai dengan Perda OPD yang baru.

Pihaknya masih menunggu instruksi pimpinan dan Bagian Organisasi terkait dengan struktur organisasi OPD yang baru.

"Kita masih nunggu strukturnya, dan nunggu instruksi pimpinan (Kepala Daerah -red) untuk mutasi. Kalau disuruh kita siap," jelasnya.

Dikatakan Mahmudin, jika ada mutasi jabatan untuk mengisi OPD baru, memang akan dilakukan dari bawah yaitu eselon 3 dan 4.

"Persoalan pengisian OPD baru juga menjadi persoalan nasional dan permasalah antar daerah biasanya sama. Daerah lain saat ini kemungkinan juga belum melakukan," katanya. (Ipul)
Share To:

SeputarBanten.com

Media Berita Seputar Banten

Post A Comment: