seputarbanten.com-SERANG, DPRD Kota Serang menilai pelantikan pejabat eselon II dan III yang tidak dibarengi dengan eselon IV dinilai sebagai hal yang tanggung, hal ini dikhawatirkan dapat mengganggu pelayanan masyarakat.

Menurut Sekretaris Komisi I DPRD Kota Serang Uhen Zuhaeni mengatakan bahwa pelantikan 162 pejabat eselon II dan III Rabu (4/1) lalu dinilai tanggung. Padahal, seharusnya pelantikan juga dilakukan untuk pejabat eselon IV.

"Dengan masih tersisanya posisi yang harus ditempati para pejabat eselon IV, maka roda satuan kerja perangkat daerah (SKPD) akan tidak dapat segera dijalankan," Katanya

Lebih jauh, ada kekhawatiran pelayanan masyarakat tidak dapat dilakukan secara maksimal dengan kondisi semacam ini.

“Jangan sampai masyarakat tidak terlayani dengan adanya dinas baru ini,” kata Uhen

Uhen menyatakan bahwa semestinya pelantikan secara serempak dan berbarengan dilakukan pada satu waktu, baik eselon II, III, maupun IV. Dengan demikian, seluruh posisi dan jabatan dapat terisi seluruhnya. Ini juga dilakukan agar tidak ada kebingungan pada SKPD dalam menjalankan roda organisasi yang baru. Sebab bagaimana pun yang banyak bekerja adalah pelaksana teknis.

“Kalau ini kan menggantung. Strukturnya belum terpenuhi seluruhnya,” katanya.

Bilapun Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan tidak dapat memenuhi sluruh posisi yang harus diisi, kata Uhen, paling tidak Pemerintah Kota Serang seharusnya menentukan struktur yang paling minim. Ini agar organsasi di SKPD dapat berjalan terlebih dahulu. Untuk itu ia berharap pelantikan lanjutan segera dilakukan untuk menambal kekurangan ini.

“Kita berharap untuk segera pelantikan bagi eselon 4. Supaya tidak ada kebuntuan kerja,” katanya.

Ia berharap adanya organisasi perangkat daerah baru, dengan struktur dan fungsi yang baru pula, dapat berjalan dengan baik. Jangan sampai adanya opd baru dijadikan sebagai alasan untuk bekerja dengan cepat.

“Kepada pemimpin yang baru jangan menunggu disuapin, melainkan harus punya inisiatif,” katanya.

sementara itu Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kota Serang Yoyo Wicahyono mengatakan bahwa ditundanya pelantikan eselon IV lantaran jumlahnya terlalu banyak. Selain itu, penempatan para pejabat ini tidak bisa dilakukan dengan buru-buru dan harus penuh pertimbangan.

Pasalnya, ada eselon IVa yang harus diturunkan menjadi eselon IVb. Hal ini tentu tidak dapat dilakukan secara asal-asalan dan harus banyak pertimbangan.

“Kalau cuma pengukuhan bisa cepat,” kata Yoyo.

Yoyo mengakui roda organisasi di SKPD memang belum dapat berjalan maksimal, terutama bagi SKPD yang baru. Itu karena personel yang ada di dalamnya belum lengkap.

"Meski demikian, secara administrasi SKPD itu sudah dapat berjalan. Ia memperkirakan, sesuai keinginan Walikota Serang, pelantikan eselon IV baru dapat dilakukan pekan depan," jelasnya.(CTB-)
Share To:

SeputarBanten.com

Media Berita Seputar Banten

Post A Comment: