seputarbanten.com-SERANG, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang mengimbau kepada masyarakat agar mewaspadai cuaca ekstrim yang terjadi belakangan ini.

Menurut Kepala Sub Bagian Penanggulangan dan Bantuan Teknis BPBD Kabupaten Serang Hotman Siregar mengatakan, dengan kondisi cuaca yang tidak menentu tersebut, masyarakat harus dapat mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana.

“Sebagian besar bencana alam yang terjadi tidak dapat diprediksi dan sekarang cuaca ekstrem sedang melanda sehingga semakin sulit untuk memprediksi terjadinya suatu bencana,” kata Hotman

Ia menuturkan, tidak dapat diprediksinya cuaca tersebut karena saat siang hari cuaca panas, namun saat malam hari tiba-tiba terjadi hujan lebat bahkan menimbulkan banjir disejumlah daerah di Kabupaten Serang.

“Seperti yang terjadi di Desa Bojonegara dan Margagiri, Kecamatan Bojonegara pada Jumat kemarin sekitar 75 rumah terendam dengan ketinggian air 50-70 sentimeter, padahal saat siang hari cuaca sangat panas,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, Kabupaten Serang dengan luas wilayah yang dimiliki rawan akan terjadinya semua jenis bencana, seperti tsunami, banjir, longsor dan puting beliung.

“Di Kabupaten Serang ini hampir semua jenis bencana ada, sehingga masyarakat harus dapat mengantisipasi dan mewaspadai bencana tersebut yang datang secara tiba-tiba,” paparnya.

Untuk mengantsispasi dari segala kemungkinan yang terjadi, Hotman menambahkan, pihaknya terus memantau sejumlah daerah yang rawan terjadinya bencana.

“Untuk personel pun kami buat selalu siap 24 jam dengan memberlakukan sistem piket, Peran semua pihak tidak hanya pemerintah pun sangat diharapkan. Peningkatan kewaspadaan dengan memprioritaskan pencegahan dari pada melakukan penanggulangan dan rehabilitasi harus menjadi keutamaan,” katanya. (CTB-)
Share To:

SeputarBanten.com

Media Berita Seputar Banten

Post A Comment: