seputarbanten.com-SERANG Komisi III DPRD Kabupaten Serang meminta kepada satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemkab Serang agar membuat perencanaan yang matang dalam merealisasikan kegiatan yang sumber anggarannya dari dana alokasi khusus (DAK).Pasalnya, realisasi dana perimbangan yang berasal dari DAK belum tercapai secara optimal.

Menurut Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Serang Mansur Barmawi mengatakan, dari semua pendapatan daerah, hampir semua terealisasi melebihi target.

“Kalau kita lihat realisasi dana perimbangan tidak tercapai, yang besar itu berasal dari DAK, karena pemerintah pusat mentransfer DAK sesuai kebutuhan SKPD. Dari target Rp278,79 miliar hanya terealisasi Rp222,09 miliar, sedangkan yang Rp56,6 miliar tidak terserap. Sedangkan untuk DAU (dana alokasi umum) terealisasi dengan baik,” katanya

Ia menjelaskan, dengan tidak maksimalnya realisasi DAK tersebut, SKPD dituntut agar dapat bekerja lebih baik lagi, agar dana yang bersumber dari pusat tersebut tercapai dengan baik.

“Ini menjadi tantangan bagi pemerintah daerah agar ketika melaksanakan kegiatan yang bersumber dari DAK harus dikerjakan seusai perencanaan yang matang, sehingga pada akhir tahun bisa diselesaikan kegiatannya. DAK kan yang besar di dinas teknis seperti dinkes (dinas kesehatan), DPU (dinas pekerjaan umum) dan DTRBP (dinas tata ruang bangunan dan perumahan),” ujarnya.

Lebih lanjut, Mansur mengungkapkan, untuk realisasi pendapatan asli daerah (PAD) melebih target yaitu tercapai Rp569,3 miliar dari target Rp564,7 miliar atau terealisasi 100,5 persen. “Untuk pendapatan secara total per 27 Desember dari target Rp2,406 triliun tercapat Rp2,401 triliun atau terealisasi 97,58 persen. Sedangkan untuk lain-lain pendapatan yang sah tercapai Rp440 miliar dari target Rp470 miliar atau tercapai 93,71 persen,” ungkapnya.

Ia menambahkan, dalam waktu dekat pihaknya akan mengevaluasi dinas-dinas terkait yang mengelola DAK.

“Kita belum dapat rinciannya DAK di dinkes berapa yang tidak terserap, begitu juga di DPU dan DTRBP. Kita akan evaluasi dan minta klarifikasi dari masing-masing dinas terkait,” katanya. (CTB-)
Share To:

SeputarBanten.com

Media Berita Seputar Banten

Post A Comment: