seputarbanten.com-CILEGON, Puluhan pemdekar dengan berseragan hitam-hitam, pagi ini (28/1) ber-ziarah ke makam mantan orang nomer satu di kota cilegon, Almarhum (Alm) Tb. Aat Syafaat di halaman belakang Yayasan Yatim Piatu Daarus Syafaat.

Kehadiran para-pendekar tersebut dalam rangka bersilaturohmi dan juga mensukseskan rencana golok day 2017 yang akan dilaksanakan pada bulan April 2017 dalam Cilegon Expo.

Seusai ber-Ziarah Ketua Himpunan Pendekar Persilatan Banten (HPPB) , Jamhari Sakti mengatakan ber-ziarah tersebut bertujuan untuk mengenang jasa almarhum yang sesama hidupnya telah membesarkan para pendekar di cilegon.

"Kita disini mendoakan almarhum dan juga mengenang jasanya dalam pembangunan kota cilegon, terutama para pendekar," katanya

Selain itu Jamhari, menuturkan bahwa ziarah tersebut guna mensukseksan kegiatan golok day 2017, yang merupakan golok day ke-2 yang sebelumnya dilakukan pada tahun lalu (2016).

"Almarhum ini (Tb.Aat Syafaat) merupakan pencetus golok day pertama," tuturnya

Ditempat yang sama Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Cilegon, Muharman Kotto mengaku pelaksanakan golok day ke-2 ini merupakan hasil Evaluasi dengan HPPB dan Dinas Parawisata Kota Cilegon yang menganggap kegiatan tahun lalu sukses.

"Kita telah meminta rekomendasi PB-IPSI di Jakarta untuk menyelenggarakan Golok Day ini secara nasional, dan rekomendasi tersebut telah diterima untuk dilaksanakan," pengakuannya.

Sementara itu Deden Sunandar Penyelenggara ( Event Organizer ) Cilegon Expo 2017 menerangkan dalam golok day kali ini pihaknya akan memasukan 4 unsur yang diantaranya Edukasi, Seni Budaya, Parawisata Dan Ekonomi.

"Edukasi, kita akan mengadakan seminar golok nusiomal dengan kombinasi silaturohmi pendekar nusantara yang akan membedah golok dari berbagai sudut pandang, Seni Budaya akan ada pawai pemdekar senusantara, parawisata dimana bagi masarakat atau pegunjung tidak boleh masuk jika tidak tampa berkostum ala pendekar, Ekonomi kita akan adakan bazar dari pembuat golok," jelasnya

Aden menambahkan kegiatan ziarah ini merupakan titik awal salah satu persiapan untuk penyelenggaraan golok day 2017.

"Untuk kesipan sendiri kita dalam tahap persiapan pelaksanaan, sementara konsep sudah selesai, dan kunci utama keberhasilan acara tersebut adalah silaturohmi dan kita telah bersilaturohmi keberbagai tempat terkait kegiatan tersebut," tambahnya

Untuk diketahui dalam pelaksanaan golok day 2017 akan ada penampilan golok besar Kota Cilegon karya Jamhari yang akan menkadi pengantin dalam pawai golok day.(Dewan)
Share To:

PortalMuslim.com

Media Referensi Muslim - Amar Ma'ruf Nahi Munkar

Post A Comment: