seputarbanten.com-SERANG, Pemkab Serang mewacanakan memberikan bantuan dana hibah kepada para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM). Hali itu dilakukan untuk mendorong tumbuh kembangnya UMKM sebagai upaya meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM), yang salah satu indikator yaitu meningkatnya daya beli masyarakat.

Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Serang yang juga mantan anggota panitia khusus (pansus) rancangan peraturan daerah (raperda) tentang penataan waralaba dan pasar tradisional Heri Azhari mengatakan, pemberian bantuan dana hibah perlu dilakukan agar UMKM di Kabupaten Serang menjadi meningkat.

“Seharusnya 2017 ini sudah ada (bantuan dana hibah-red), cuman karena masih dalam tahap verifikasi, paling efektifnya nanti 2018,” katanya

Ia menjelaskan, untuk mendapatkan bantuan hibah, pelaku UMKM harus menempuh beberapa tahapan yang menjadi syarat yang harus dipenuhi.

“Nanti yang akan menadapatkan bantuan itu, data UMKMnya verifikasi kecamatan, nanti pihak kecamatan yang akan memberikan ijin. Nanti divalidasi oleh kecamatan juga, berapa jumlah UMKM yang dianggap sehat, dan yang dianggap sehat itu yang akan diberi bantuan,” ujar politisi PPP itu.

Selain itu, kata Heri, sebelum bantuan hibah diberikan terhadap pelaku UMKM, Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) akan terus melakukan evaluasi.

“Prosesnya satu tahun dievaluasi oleh dinas terkait, kalau dalam satu tahun itu kondisinya sehat, nanti akan kita dorong agar BPR (bank perkereditan rakyat) untuk memberi pinjaman permodalan. Sebagai bantuan awal kita berikan hibah untuk memotivasi. Kalau nilainya ada di dinas berapa-berapanya,” paparnya.

Bupati Serang Rt Tatu Cahasanah mengatakan, meski secara teknis rencana tersebut belum dibahas, namun pihaknya memastikan pada 2018 para pelaku UMKM kan diberi bantuan dana hibah.

“Perdanya kan baru selesai, nanti teknisnya persiapkan dulu data base UMKMnya, persyaratannya apa saja, nanti di 2018 kita anggarkan, kita sudah sepakat dengan dewan untuk menganggarkan bantuan hibah bagi para pelaku UMKM,” kata Tatu. (CTB-)
Share To:

SeputarBanten.com

Media Berita Seputar Banten

Post A Comment: