Laporan jurnalis SBO
Badiamin Sinaga


Patut kita acungi jempol atas kinerja Pelayanan DJBC Merak type Madya beserta Tim Dirkrimum Polda Banten akhir Tahun 2016, bulan Oktober lalu melakukan upaya penggagalan barang impor dari Negara Singapura ke Pelabuhan Indahkiat Merak Banten.
Pihak Polda dan Bea Cukai saat itu menyampaikan kepada sejumlah media, bahwa aksi Nakal importir tersebut atas nama PT. DIM, dan diperkirakan telah merugikan Negara sebesar 8,5 M rupiah, Saat ini, barang-barang hasil penindakan tersebut ditimbun di gudang tempat penimbunan Pabean Kantor Bea Cukai Merak untuk dilakukan pencacahan dan identifikasi barang secara menyeluruh. dan kasus ini sudah diserahkan ke Kejaksaan Tinggi Cilegon untuk proses hukum lebih lanjut.

Dari pantauan SBO gudang yang dimiliki oleh Bea dan Cukai merak adalah berstatus sewa, yang beralamatkan di Lingkungan Sukasenang RW 01 Rt 01 kelurahan Tamansari kecamatan Pulomerak, menurut sumber kami yang dirahasiakan. "Sudah puluhan tahun tempat ini digunakan untuk penyimpanan barang sitaan, lanjut narasumber bahwa kondisi gudang yang minim penjagaan, kemungjinan bahwa penjagaan diserahkan kepada pihak pemilik gudang, tidak pernah saya melihat pihak PKD (penjagaan keamanan Depan) dari internal Bea cukai.
" sangat tidak elok" komentar nara sumber menutup pembicaraan dengan SBO.

Temuan SBO dilapangan hanya menjumpai satu orang penjaga gudang saja. Seperti yang dituturkan kepada SBO " bahwa setahu saya bea cukai sudah memperpanjang kontrak langsung ke pemiliknya gudang ini, kalau saya di gaji oleh pemilik gudang, tugas saya disini hanya jaga gudang, untuk isi gudangnya sendiri saya sendiri tidak tau, itu urusan yang kontrak tempat ini, tutupnya.

Minim nya penjagaan serta keamanan gudang tersebut menjadi sorotan beberapa warga masyarakat dan berharap penjagaan gudang yang digunakan oleh bea cukai ini harus ketat dan aman, karena menyangkut barang-barang yang ada nilainya, itulah harapan masyarakat, agar citra dimata masyarakat kenerja bea cukai semakin bagus kedepannya.

Sinaga/SBO
Share To:

PortalMuslim.com

Media Referensi Muslim - Amar Ma'ruf Nahi Munkar

Post A Comment: