Cilegon - SBO, Aksi unjuk rasa Ribuan buruh Krakatau Steel yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Buruh Cilegon (FSPBC), melakukan tuntutannya di depan gerbang Gedung Teknologi PT Krakatau Steel di Kawasan Industri KIEC. Dalam aksi buruh (FSPBC), tidak lain adalah menuntut agar UMSK (Upah Maksimum Sektoral Kota) sudah ditandatangani oleh Gubernur Banten dan sudah disahkan, segera untuk di implementasikannya kepada karyawan PKWTT, selain menuntut UMSK para Buruh menuntut agar segera mempercepat melakukan PKB ( Perjanjian Kerja Bersama) dan menuntut Krakatau Steel memberikan Bonus kepada buruh.

Dalam Orasinya yang disampaikan oleh Bani Kuswanto selaku Koordinator aksi Federasi Buruh (FSPBC) atau Komandan Garda Baja, kepada SBO, ”kami sebenarnya sudah menyampaikan secara tertulis kepada Krakatau Steel, tapi belum menunjukan sinyal untuk kesejahteraan kami, Ini adalah langkah terakhir kami dengan turun kejalan, karena sebelumnya kami sudah melakukan negosiasi”, tegas Beni yang juga menyatakan bahwa, "apa yang telah dilakukan oleh PT. Krakatau Steel ini sangat tidak manusiawi, karena menyangkut kesejahteraan buruh itu sendiri". jika dari aksinya ini tidak membuahkan hasil maka pihaknya akan kembali bermusyawarah untuk menentukan langkah berikutnya".

Pantauan SBO dilapangan, Aksi yang menyebabkan kemacetan panjang ini diakibatkan oleh adanya penutupan akses jalan dikawasan industri, dengan memarkirkan kendaraan bermotor para buruh ditengah jalan, nampak ratusan petugas pengamanan dari Polres Cilegon berjaga-jaga.

Tidak berselang lama kemudian, Saefudin selaku Ketua FSPBC menjelaskan kepada awak media, bahwa dalam aksi yang dilakukan buruh telah membuahkan hasil, dan menyampaikan hasil kesepakatan yang telah dibuat oleh keduabelah pihak, bahwa Krakatau Steel akan memenuhi tuntutan para buruh yang tergabung dalam FSPBC, dengan memberikan janji bahwa UMSK akan dibayarkan pada akhir bulan Mei, sementara untuk tuntutan kedua atau tuntutan mempercepat Perjanjian Kerja Bersama (PKB), pihak Krakatau Steel menyatakan Rekruitment sedang berjalan melalui perusahaan vendor masing-masing (PUK PSB, PUK WSB, KPDP, PUK Kitech, PUK SU, PUK SMS), dan untuk tuntutan bonus, pihak Krakatau Steel akan kembali rembuk dengan FSPBC satu minggu kemudian.
Para demonstran yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Buruh Cilegon (FSPBC), kemudian membubarkan perlahan setelah mendapat penjelasan tersebut.

Supri/SBO

Share To:

SeputarBanten.com

Media Berita Seputar Banten

Post A Comment: