SERANG, SBO - Penerimaan murid baru lewat jalur prestasi di SMPN 1 Kramatwatu, Kabupaten Serang dikeluhkan, karena dikenai biaya sampai Rp 2,5 juta. Padahal penerimaan murid baru melalui jalur prestasi di gratiskan oleh Dindikbud Kabupaten Serang, karena persyaratanya hanya nilai di atas rata-rata, dan memiliki sertifikat pretasi di bidang olah raga maupun akademik. Hal ini terungkap dari pengakuan salah satu orang tua siswa, Elia mengatakan bahwa dirinya mendaftarkan anaknya bernama Amalia Amanda ke sekolah SMPN 1 Kramatwatu melalui jalur pretasi di mintai uang pendaftaraan sebesar Rp 2,5 juta. Padahal, dikatakan Elia pihaknya telah memenuhi semua presyaratan, dan terdapat sertifikat prestasi yang dimiliki anaknya. "Tapi pihak sekolah bilang, uang biaya pedaftaraan untuk membeli bangku dan kursi, hingga menyediakan uang ruang kelas untuk anak saya. Makanya saya baru bayar 2 juta, ini masih uang muka saja, Sisanya belum saya bayarkan. Karena saya khawatir tertipu," ungkapnya sambil menunjukkan bukti pembayaran saat ditemui di depan Sekolah SMPN 1 Kramatwatu, Sabtu siang(15/4). 

Terkait keluhan tersebut Kepala Sekolah SMPN 1 Kramatwatu, Yana Suryana membenarkan adanya biaya sebesar Rp 2,5 juta tersebut untuk penerimaan murid baru melalui jalur prestasi di SMPN 1 Kramatwatu-Kabupaten Serang tersebut. Karena, dijelaskan Yana, biaya tersebut diperuntukkan untuk membayar bangunan sekolah, seragam dan buku tulis. "Makanya terdapat biaya sebesar Rp 2,5 juta, dan uanganya benar-benar untuk pembangunan sekolah," jelasnya saat ditemui di sekolah. 
Di tempat terpisah, Kadindikbud Kabupaten Serang, Saefudin menegaskan, bahwa tindakan yang dilakukan oleh pihak SMPN 1 Kramatwatu tidaklah benar. Bahkan menyatakan dirinya, akan melakukan pemanggilan kepada Kepala Sekolah yang telah memberlakukan biaya penerima siswa baru. "Lewat jalur biasa saja gratis, apalagi ini jalur khusus yang berprestasi, yang bahkan seharusnya diprioritaskan pendaftaraan siswa baru yang berprestasi. Jadi yang dilakukan SMPN 1 Kramatwatu tidaklah benar, dan segera akan dilakukan pemanggilan," tandasnya. 

Laporan Jurnalis SBO-REZA
Share To:

SeputarBanten.com

Media Berita Seputar Banten

Post A Comment: