SERANG, SBO - Bakal Calon Walikota Serang menanggapi pernyataan Sekretaris Daerah (Sekda) Banten, Ranta Soeharta, Setidaknya ada 5 (lima) poin yang menjadi perhatian khusus bagi Sekda Banten,  yang juga merupakan tantangan kepada para Bakal Calon (Balon) Pilwalkot Serang tahun 2018. Yang di sampaikan oleh Sekda Banten Ranta Soeharta kepada Awak media saat ditemui di Hotel Ledian dalam acara PKS, pada Senin (8/5) lalu.

Tantangan tersebut, Pertama meningkatkan PAD Kota Serang, Kedua menarik para investor, Ketiga tidak mengandalkan APBD, Keempat mengambil kebijakan-kebijakan yang ekstrem, dan Kelima meningkatkan kesejahteraan PNS, Non PNS serta masyarakat Kota Serang tanpa APBD,  "Makanya saya tantang para calon Pilwalkot Serang ini. Kedepan harus berani keluar mencari anggaran yang bukan dari APBD Kota Serang. Bahkan menurut sekda Banten ini, seorang Walikota kedepan harus bisa menarik para Invistor untuk membuat usaha di Kota Serang. Selanjutnya, saya minta para calon ini memiliki inovasi keinginan untuk mengambil kebijakan yang dapat menerobos program menjadi lebih baik," katanya. 
Lanjut Ranta, jadi makna Kota Serang madani apabila lima tantangan dirinya bisa di hadapi akan tercapai. "Masyarakat sejatera, infrastrukturnya bagus, kepenmtingan mayoritas ummat islam harus diutamakan, dan Kota Serang menjadi Kota cerdas yang punya iman," ungkapnya. 
 
Menanggapi hal tersebut Bakal Calon Pilwalkot Serang, Wahyudin Djahidi menyatakan kesiapan dirinya untuk menghadapi kelima tantangan Sekda Banten tersebut. Disampaikan Wahyudin Djahidi dalam menyelesaikan tantangan itu, dirinya akan selalu melakukan koordinasi dengan Pemprov Banten, sebab menurutnya perkembangan Kota Serang tidak bisa lepas dari peran serta Pemprov Banten, dan bukan hanya menjadi tanggung jawab penuh Walikota,  "Semua elemen harus bertanggung jawab dan wajahnya Kota Serang adalah Provinsi", Pemerintah Kota Serang harus selalu berkoordinasi untuk memberikan informasi terkait perkembangan dan hal apa saja yang harus dilakukan serta kekurangan Daerah yang perlu diperbaharui,” pungkasnya.

Wahyudin Djahidi membenarkan pernyataan Sekda Banten, menurutnya ada beberapa cara untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Serang dan mensejahterakan masyarakat dengan tidak mengandalkan APBD, Membuka peluang untuk para pengusaha berinvestasi secara nyaman, dan di buat regulasi perizinan yang mudah. "Orang mau berinventasi karena regulasi yang mudah, Izin IMB dan kontrubusi kepada pemerintah harus jelas. Selanjutnya, masih dikatakan Wahyudin, Walikota haruslah mandiri dan memiliki terobosan-teroboan program yang berkembang. "Kita harus bisa, dan memberikan program kepada pemerintah pusat supaya Pemerintah Pusat bisa membantu APBD Kota Serang. Bahkan kita juga harus melakukan terobosan-terobosan yang bisa membuat Kota Serang menjadi lebih baik," jelasnya. 
Sementara itu, Balon Pilwalkot Serang lainya, Syafrudin mengaku sangatlah sepakat, dan Kota Serang adalah wilayah Ibu Kota Banten. Harus lebih baik dari kota dan kabupaten lainya. "Semua calon saya kira siap untuk mewujudkan Kota Serang menjadi lebih baik. Bahkan tidak mengandalkan APBD Kota Serang yang hanya 1,2 Miliar, dan bantuan provinsi, pemerintah pusat harus dapat dikejar serta bisa koordinasi dengan berbagai pihak. Mulai dari pengusaha, sampai Pemerintah Kabupaten atau Kota Lainnya," ujarnya. 

Balon Pilwalkot Serang, Subadri Usuludin menambahkan, lagi-lagi tidak bisa menjadi eksekutor, paling hanya bisa rekomendasi. Seperti arahan Sekda Banten sangatlah bagus. Sebabnya yang sangat saya sayangkan, banyakya kekurangan di Pemerintahan Kota (Pemkot) Serang pada 2017. "Makanya saya ingin maju ke Pilwalkot Serang. Karena ingin mengabdi kepada masyarakat, dan mewujudkan kelima tantangan Sekda Banten ini," ucapnya.  Mesti di ingat, dikatakan Subadri, penerapanya harus bareng-bareng dan Kota Serang dirinya merasa bisa lebih maju dari Kota ataupun Kabupaten lainya. "Benahi tata kelola pemerintahnya dulu, tinggal penjabarannya. Dirinya memiliki keyakinan, harus bisa saling mengisi satu sama lain. Tidak usah mengandalkan APBD, jadi pembangunan Kota Serang menjadi lebih cepat, Ujarnya.

(Rez-Sbo)
Share To:

PortalMuslim.com

Media Referensi Muslim - Amar Ma'ruf Nahi Munkar

Post A Comment: