Laporan Badiamin Sinaga.

Cilegon-SBO Cilegon, Seiring dengan kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) yang telah merancang sistem penerimaan siswa baru menggunakan zona, dan bukannya rayon.  Dikabarkan Kota Cilegon dalaesiapannya untuk Tahun ajaran 2017-2018 tingkat SMAN akan memakai sistem Zona,informasi.
Terkait info tersebut SBO melakukan konfirmasi kepada KCD Kota Cilegon, Ofa Saifudin Selaku KCD Kota Cilegon membenarkan dan akan mengadakan sosialisasi awal juni 2017, (26/05/17)

Pendaftaran berdasarkan zonasi ini adalah sebagai berikut,
Zona 1 Meliputi  wlayah kecamatan Cilegon, Kec. Cibeber, Kec. Jombang, maka pendaftarnya adalah ke SMAN 1 atau ke SMAN 3, 
Zona 2 pendaftarnya ke SMAN 2, SMAN 5 atau ke SMAN 4. 
Meliputi wilayah Kecamatan Prwakara, Kc. Citangkil, Kec. Ciwandan, Kec. Grogol dan kec. Pulomerak.

Adapun syaratyang harus dipersiapkankan adalah SKHUN dan Kartu Keluarga. Dan pendaftaran SMA yang semula direncanakan tgl 12 - 17 Juni 2017, akan dimajukan menjadi tgl 6 s/d 10 juni 2017.

"Insha Allah awal bulan juni kami akan mengadakan sosialisasi", lebih lanjut Ofa menjabarkan dengan diberlakukannya sistem ini akan lebih positif dan akan lebih terarah, Dampaknya akan ada pemerataan di setiap wilayah untuk siswa didik. 

Beragam pendapat dari masyarakat terkait dengan rencana penerapan sistem yang telah mnjadi kebijakan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud),
Salah satu yang bisa SBO himpun adalah pendapat dari Mudmir, seorang warga ciwandan yang menyambut positif langkah yang diambil KCD kota cilegon "seharusnya seperti itu supaya setiap sekolah biar berlomba membangaun mental dan karekter, dan mengurangi beban kost pengeluaran orang tua, untuk biaya ongkos", Ujar Mudmir.
Lain halnya dengan Sanusi, warga merak yang menginginkan agar anaknya bersekolah  ke SMAN 1, maka dengan adanya rencana Zona ini mau tidak mau harus mengikuti rencana tersebut.


Apapun pendapat yang berkembang, Menteri Pendidikan Muhadjir Effendy, menegaskan bahwa Sistem ini bertujuan untuk menghapus kastanisasi sekolah. "Kalau sekarang, banyak sekolah favorit yang jadi rebutan. Dengan ini, tidak ada lagi istilah sekolah favorit atau tidak favorit," 

Lebih lanjut belum diketahui secara pasti apakah sistem ini akan juga diberlakukan dengan tingkat SMP dan Sekolah Dasar dikota cilegon, dan tentunya harus dipertimbangkan mengenai kepadatan penduduk, yang mana masing-masing daerah berbeda-beda tingkat kepadatannya. (Red)
SBO Bad/sbo
Share To:

SeputarBanten.com

Media Berita Seputar Banten

Post A Comment: