Tak terasa kini umat muslim telah menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan 2017 tahun ini telah memasuki hari yang ke 17. Pada malam ke 17 Ramadhan kali ini sering dikenal dengan Malam Nuzulul Quran.

Lalu apakah keistimewaan dari malam tersebut dibandingkan dengan malam-malam di bulan Ramadhan yang lainnya ? Untuk lebih jelasnya mari kita fahami bersama mengenai keistimewaan dari Malam Nuzulul Quran dalam syariat Islam berikut ini.
 
Sebelum kita memahami lebih dalam mengenai keistimewaan dari malam ini, maka terlebih dalhulu kita memahami apa itu Nuzulul Quran. Secara Bahasa, Nuzulul Quran memiliki arti turunnya kitab suci Al Quran.

Dan secara istilah Nuzulul Quran memiliki arti peristiwa yang sangat penting mengenai turunnya Al Quran kepada Nabi Terakhir, Nabi Muhammad SAW. Jadi Malam Nuzulul Qur'an bisa secara singkat diartikan sebagai malam dimana Allah swt menurunkan kitab suci Al Quran kepada Rasulullah saw. 
Copyright ©Ist

Lantas apakah Keistimewaan dari malam tersebut ?? Jika kita merujuk pada pengertian dari Nuzulul Quran maka dapat kita ambil kesimpulan bahwa keistimewaan dari malam tersebut adalah sebagai berikut:
Malam Turunnya Al Quran

Keistimewaan yang pertama adalah malam turunnya Al Quran. Dan ini pun tak terjadi pada malam-malam yang lainnya. Al Quran diturunkan bukan hanya untuk Nabi Muhammad saja, melainkan untuk pembeda antara yang baik dan benar serta petunjuk bagi umat Islam.

Al Quran diturunkan pada malam Lailatul Qadar secara keseluruhan, namun penyampaiannya kepada Nabi Muhammad yang dilakukan secara berangsur-angsur. 

وَقُرْآناً فَرَقْنَاهُ لِتَقْرَأَهُ عَلَى النَّاسِ عَلَى مُكْثٍ وَنَزَّلْنَاهُ تَنزِيلاً


Artinya: “Dan Al Quran itu telah kami turunkan dengan berangsur-angsur agar kamu membacakannya perlahan-lahan kepada manusia dan kami menurunkannya bagian demi bagian.” (QS. Al Isra : 106)
 
Diturunkannya Wahyu yang Pertama

Pada Malam ini pula, Allah Swt menurunkan wahyu yang pertama melalui perantara malaikat Jibril. Dan wahtyu yang pertama ini diturunkan surah Al Alaq ayat 1-5 bertempat di sebuah gua bernama gua hira’.

Diangkatnya Nabi Muhammad saw menjadi utusan Allah Swt dan menjadi Nabi yang terakhir

Semenjak masih kecil memang sudah muncul ciri-ciri kenabian dalam Nabi Muhammad Saw. Namun pada usia 40 an lah Allah baru secara resmi mengangkat Nabi Muhammad sebagai seorang Rosul.
Dan diangkatnya beliau menjadi seorang nabi ini terjadi pada saat wahyu pertama yang beliau terima di bulan Ramadhan tepatnya pada saat Malam Nuzulul Quran. Nabi Muhammad sendiri juga merupakan Nabi Akhiruszaman yang artinya sebagai nabi terakhir yang membawa umat Islam dari zaman jahiliyah menuju ke jaman terang benerang seperti saat ini.
 
Dan kewajiban bagi umat muslim selain mempercayai dengan adanya peristiwa nuzulul quran juga harus mengamalkan segala hal yang sudah diajarkan Rasulullah saw dalam beribadah keapda Allah. Serta kita juga harus rajin dalam membaca kitab suci Al Quran dan memahami isi serta mengamalkannya.
Hal ini merupakan salah satu bentuk rasa syukur kita kepada Allah swt dan merupakan bentuk peringatan peristiwa yang sangat istimewa . Karena sesungguhnya peristiwa malam nuzulul qur’an merupakan peristiwa yang perlu di peringati selain istimewa , malam nuzulul qur’an juga merupakan waktu yang sangat penting bagi kita semua sebagai umat muslim .
Malam nuzulul qur’an merupakan malam turunnya petunjuk bagi umat muslim dalam menjalankan kehidupan di dunia untuk menuju kehidupan abadi yaitu kelak di akhirat .

Selain itu Malam Nuzulul Quran juga merupakan malam turunya petunjuk bagi umat muslim dalam menjalankan kehidupan di dunia untuk menuju ke kehidupan yang abadi yakni di akhirat kelak.

Subhanallah..
Semoga dengan penjelasan di atas , kita mampu lebih khusuk lagi dalam beribadah . Serta lebih rajin lagi dalam bertadarus . Karena sesungguhnya  walaupun hanya satu ayat jika membacanya penuh dengan keikhlasan dan hanya mencari Ridhonya ,maka pahala bagi orang tersebut .Semoga dengan penjelasan keistimewaan malam lailatul qadar dalam syariah islam di atas , sedikit banyak dapat menjawab pertanyaan – pertanyaan kita selama ini . Semoga bermanfaat . Amin

Redaksi - SBO
Share To:

SeputarBanten.com

Media Berita Seputar Banten

Post A Comment: