Seputarbanten.com – Cilegon, Himbauan yang disampaikan oleh Ketua Komite Pengembangan Usaha MUI Kota Cilegon Alawi Mahmud, dalam ungkapannya setelah dikomuniasikan dengan Ketua MUI Kota Cilegon KH.Sayuti Ali. Himbauan tersebut bermula dari surat pemberitahuan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Cilegon, Nomor 324.3/835/PKH tertanggal 12 Juni 2017 yang menyebutkan adanya sampel daging sapi di Pasar Kranggot yang mengandung spesies babi.

Persoalan inipun menjadi pembahasan serius Ketua Komite Pengembangan Usaha MUI Kota Cilegon, yang dalam hal ini diketuai oleh Alawi Mahmud.

"Saya sudah koordinasikan dengan Ketua MUI Kota Cilegon KH. Sayuti Ali, untuk itu saya menghimbau kepada khususnya umat muslim dikota Cilegon,Pertama yang saya tekankan untuk tetap tenang dan jangan terpropokasi apalagi berbuat anarkis, Kedua, agar mulai hari ini menghentikan untuk membeli daging dipasar kranggot, sampai ada klarfikasi dari dinas pasar, yang menyatakan daging yang dijual dipasar kranggot sudah dinyatakan halal atau tidak ada oplosan dengan daging babi”. Ungkap Alawi

Hal itu penting dalam rangka menjaga kemurnian dan kesehatan serta menghindari makanan yang dikonsumsi dari zat-zat yang diharamkan agama, termasuk tercampurnya dengan daging babi. “Apalagi masyarakat Kota Cilegon mayoritas beragama Islam, sehingga pelabelan halal berupa sertifikat halal yang diterbitkan LPPOM MUI hendaknya wajib ditempelkan di setiap pedagang daging,” tandasnya, Jumat (16/6/17).

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Cilegon sangat prihatin sekali dalam kasus temuan tersebut, maka dengan ini MUI Kota Cilegon meminta ketegasaan kepada pihak Kepolisian Kota Cilegon/Penegak Hukum lainnya agar mengusut tuntas, dan menindak tegas bagi pelaku atau pemasok daging yang dicampur dengan daging babi, Kepada Dinas-dinas terkait untuk terus selalu mengawasi, dan jangan sampai terulang kembali, ini jelas harus ditertibkan dan ditindak tegas, penjual pasti tahu apa yang dijualnya (daging babi atau sapi). Dan Harus selalu diawasi oleh dinas terkait", tambahnya kepada SBO. 

Redaksi - SBO
Share To:

SeputarBanten.com

Media Berita Seputar Banten

Post A Comment: