Laporan Jurnalis Badiamin sinaga

Seputarbanten.com – Merak, Sungguh tidak disangka upaya dari komunitas pemuda Merak yang menamakan diri UP Media, membuat terobosan nyata, gerakan yang patut diapresiasi dari upayanya untuk merawat Pulau Merak, yang sebelumnya terbengkalai dan tak terurus kini berubah menjadikan pulau dengan potensi wisata. Pantainya yang berpasir dan tidak ada karang sebuah lanskap keindahan alam yang terselip diantara gemerlapnya kota industry, hutannya yang rimbun hijau menjadi sebuah tempat untuk sejenak berteduh dalam keasrian hutan pantai. Adalah menjadi alternative sebagai salah satu tujuan wisata bagi wisatawan yang ingin memanjakan dirinya sekaligus melepas penatnya di pulau ini.

Pulau Merak sebagai kawasan hutan lindung Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) yang dimiliki Pemprov Banten, konon keberadaan pulau ini telah ditetapkan menjadi destinasi wisata oleh pemerintah kota Cilegon.

H. Aam Amruloh sebagai anggota DPRD Kota Cilegon dari Fraksi PKS, dalam pernyataannya kepada SBO, “Saya sangat mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh Komunitas Up Media, dalam menggali Potensi wisata dipulomerak, dalam RIPDA yang pada hari senin yang lalu (23/07/17) telah disahkan, baik pulau kecil dan besar sudah ditetapkan menjadi destinasi wisata yang ada di wilayah kecamatan Pulomerak”, Ungkap H. Aam Amruloh.

Komunitas peduli lingkungan yang dikomandoi oleh Bagus Inja Irmansyah (Up Media), yang telah terdaftar di Kemenkum dan Ham ini, berawal hanya sekedar membersihkan sampah-sampah yang berada disepanjang pantai PKM (Pulo kecil merak), kemudian muncul ide untuk menviralkan ke media sosial tentang potensi keindahan pantai PKM, yang berpotensi sebagai wisata bahari yang cukup menarik, ditengah kota industry dan wisata Bahari menjadi suatu kebutuhan.

Berikut Wawancara SBO kepada Saudara Dicyki, Yudha di lokasi pantai yang berada persis Belakang Polsek Pulomerak, Senin 23/07/17.

"Target UP Media dari pulau ini apa"
Target kami sederhana, jika ini sudah tertata baik fasilitasnya memadai, kami akan menggali ide-ide lain dan menyerahkan kepada adik-adik kami untuk mengelolanya.

"Apa nih harapan kedepannya dari  komunitas Up Media tentang wisata bahari PKM"
Pada prinsipnya kami hanya memberikan pekerjaan bagi adik-adik kami yang putus sekolah dan atau yang masih nganggur, harapannya dengan adanya Wisata PKM saya berharap mereka terlibat ktif dan bisa menjadi bagian dari wisata ini.

"Sejauh apa peran pemkot Cilegon terhadap Wisata ini"
Saya menilai ada kepedulian sih, beberapa pejabat sudah datang, bahkan Camat dan lurah Pulomerak membantu kami supaya membuat badan hukum, agar komunitas kami legal loh, yang kemudian sudah kami tempuh dan hasilnya komunitas kami sudah berbadan hukum.

"Harapannya kepada Pemkot Cilegon"
Tentu kami sangat berharap sekali peran serta dari pemerintah, terutama Dinas Parwisata, mari kita tata agar menjadi tempat wisata yang elok dan bisa setara dengan tempat wisata didaerah lain,
Apalagi kita tau pantai kelapa 7 yang ada di kelurahan suralaya sudah akan dibangun Unit 9,10 PLTU, otomatis wisatawan akan mengunjungi pulau ini.

"Sejauh apa mana Up media membangun komunikasi dengan warga sekitar"
sangat baik, kita bekerja sama antara kita dengan warga pada intinya sama untuk membangun  pantai menjadi lebih indah bersih, itu menjadi tujuan bersama.

"Kalau saya lihat ini belum mengarah ke arah bisnis, kedepannya konsepnya seperti apa sih”
Yang kita lakukan sampai saat ini murni sebagai kepedulian kami untuk merawat, dan tidak ada arah untuk melakukan komersial, jadi konsepnya hanya merawat saja, tidak ada lainnya.
Untuk menuju pulau inipun cukup murah, hanya perlu biaya ongkos penyeberangan, PP hanya 15.000 rupiah sudah sampai, itu sudah termasuk ticket masuk.

"Bagaimana jika ada pihak lain yang memberi masukan atau ide”
 "Selama ide itu bagus kami pandang baik, tidak masalah sama sama kita ubah merak itu lebih baik, kalau bicara merak mungkin yang terbayangkan hal-hal negatif, kita coba lahirkan hal yang positif.

"Ada  himbauan khusus untuk para pengunjung pulau ini"
Secara khusus ga ada, kami menyadari masih banyak kekurangan kami tapi insha Allah kami akan terus berupaya untuk memperbaikinya, terkait himbauan kami agar untuk sama-sama menjaga kebersihan, menjaga keindahan pantai PKM, kami bagikan kantong plastik untuk tempat sampah, karena PKM adalah milik kita bersama.

"Apa sih kelebihan yang ditawarkan dari pantai PKM (pulo kecil merak)"
Bukan maksud marketing yah, silahkan dilihat dan rasakan bedanya, yang jelas dipantai ini ada bedanya. Kita bisa menyelam, dengan melihat pemandangan bawah laut dengan terumbu karangnya yang indah, bisa juga kita saksikan lintas kapal penyeberangan merak, atau pada malam harinya kita bisa lihat keindahan industry dengan lampu yang gemerlap.

Bad - SBO
Share To:

SeputarBanten.com

Media Berita Seputar Banten

Post A Comment: