Jasa Website Murah

Para Nakhoda Kapal Akan Diberi Pelatihan Keselamatan

seputarbanten.com-PANDEGLANG, Para nakhoda kapal di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, akan diberi pendidikan dan pelatihan terkait pelayaran dan keselamatan.

"Rencana ke arah sana sudah ada. Pelatihan dan pendidikan bagi mereka memang penting supaya mereka mengetahui mekanisme palayaran, terutama menyangkut keselamatan dan kelengkapan dokumen," kata Kepala  Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Kabupaten Pandeglang Yahya Gunawan Kasbin di Pandeglang, Kamis.

Pelaksanaan diklat itu, kata dia, diperlukan karena para nakhkoda kapal harus mempunyai kemampuan yang telah ditetapkan dan bersertifikat.

Diklat tersebut, lanjut dia, juga merupakan salah satu tahapan kegiatan sertifikasi para nakhoda kapal.

"Setelah mengikuti diklat, bagi nakhoda yang memang layak akan diberi sertifikat," katanya.

Menurut dia, sertifikat bagi nakhoda kapal diwajibkan karena sebenarnya tidak boleh bagi nakhoda untuk melaut kalau belum berserifikat.

Sementara, kata dia, setiap kapal harus ada nakhoda, jadi artinya sertifikasi ini juga sangat penting agar sebuah kapal bisa berlayar atau tidak.

Yahya juga menyatakan, dari ribuan nakhoda kapal di Kabupaten Pandeglang tidak lebih dari 20 orang yang telah memiliki sertifikat.

Rendahnya nakhoda di daerah itu yang bersertifikat, selain karena kurangnya kesadaran juga karena untuk mengikuti ujian sertifikasi harus di daerah lain.

"Selama ini bagi nakhoda yang ingin mengikuti ujian sertifikasi harus ke Tangerang, dengan diklat dan ditindaklanjuti pemberian sertifikat diharapkan akan mendorong mereka untuk ikut dalam kegiatan itu," ujarnya.

Ia juga mengharapkan semua nakhoda kapal di daerah itu memiliki sertifikat sehingga tidak mengalami gangguan saat melaut.

Antara News

Previous article
Next article

Leave Comments

Post a comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel