Jasa Website Murah

Pelantikan Kepala Daerah Di Banten Tidak Serentak

seputarbanten.com-BANTEN, Pemprov Banten memastikan pelantikan empat kepala daerah terpilih pada Pilkada Serentak 2015 tidak akan bersamaan atau tidak serentak.

Empat kepala daerah terpilih pada Pilkada Serentak 2015 yang akan dilantik itu adalah Bupati Pandeglang, Wali kota Tangerang Selatan, Bupati Serang dan Wali kota Cilegon.

Kepala Biro Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Banten E Kusmayadi di Serang, Selasa, mengatakan pelantikan Wali kota Tangerang Selatan terpilih yaitu Airin Rachmi Diany dan Bupati Pandeglang terpilih Irna Narulita, akan dilaksanakan setelah habis masa jabatan pejabat lama.

Masa jabatan dua kepala daerah tersebut yakni Airin (Wali Kota Tangsel) baru akan berakhir Maret 2016 dan Erwan Kurtubi (Bupati Pandeglang) April 2016.

"Pandeglang itu masa jabatan berakhir 10 Maret dan Tangsel 20 April 2016. Artinya pelantikannya pada tanggal itu atau sesudah tanggal itu," kata Kusmayadi didampingi Kabag Otonomi Daerah, Massaputro Delly.

Ia mengatakan, prinsipnya pelantikan kepala daerah mengacu pada Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015 tentang Perubahan atas UU No 1 Tahun 2015 Tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti UU No 1 Tahun 2014 tentang pemilihan gubernur, bupati, dan wali kota menjadi undang-undang.

"Pada prinsipnya sesuai Undang-Undang Nomor 8 tahun 2015 itu, tidak boleh melebihi atau mengurangi masa jabatan kepala daerah," kata Kusmayadi.

Namun ia memastikan, pelantikan dua kepala daerah terpilih lainnya yakni Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah dan Wali Kota Cilegon Tb Iman Ariyadi akan dilaksanakan pada 17 Februari 2016.

"Kami juga masih menunggu surat resminya. Namun, sudah dipastikan pelantikan bupati/wali kota serentak di Ibu Kota Provinsi oleh gubernur, di Banten itu Kabupaten Serang dan Cilegon. Untuk teknis pelantikan 17 Februari, kami akan segera membahasnya dalam rapat internal," kata Kusmayadi.

Sementara itu Kepala Biro Umum Setda Provinsi Banten Siti Ma'ani Nina mengatakan, pelantikan pasangan Bupati/Wakil Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah-Pandji Tirtayasa dan pasangan Wali Kota/Wakil Wali Kota Cilegon Tb Iman Ariyadi-Edi Eriadi, dipastikan akan dilaksanakan di Pendopo Gubernur Banten, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) di Kota Serang, pada Rabu 17 Februari 2016. 

Sedangkan Wali Kota/Wakil Wali Kota Tangerang Selatan terpilih Airin Rachmi Diany-Benyamin Davnie dan Bupati/Wabup Pandeglang terpilih Irna Narulita-Tanto W Arban, harus menunggu keputusan rapat terkait masa jabatan kepala daerah tersebut yang belum habis.

"Pelantikan di pendopo Gubernur 17 Februari sesuai arahan Mendagri. Kami akan persiapkan segala sesuatunya, termasuk kuota undangan karena kapasitas tempat yang terbatas," kata Nina.

Ia mengatakan, sejauh ini pihaknya memang belum mendapat surat resmi dari Kemendagri terkait hal tersebut. Namun, untuk mengantisipasi, pemprov akan rapat pada 11 Februari 2016.

Dikutip : Antaranews.com

Previous article
Next article

Leave Comments

Post a comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel