Jasa Website Murah

Karyawan Outsourcing Pelabuhan PT ASDP Cabang Merak Lakukan Mediasi Terkait Pengurangan Upah dan Karyawan

SBO - Seluruh Karyawan Outsourcing yang bekerja di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT. Angkutan Sungai, Danau dan Penyebrangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Merak melakukan mediasi di Kantor ASDP Cabang Merak.

Mediasi tersebut dilakukan untuk menuntut pihak ASDP Indonesia Ferry tidak melakukan pengurangan karyawan (PHK) dan pengurangan uang kehadiran. Selasa, (02/06/20)

Menurut salah satu karyawan outsourcing di bagian security, Suwarno menjelaskan bahwa pihaknya tidak menerima adanya pengurangan karyawan, "Kami dari pihak karyawan outsourcing tidak terima dengan adanya pemaparan sepihak dari pihak ASDP dengan karyawan outsourcing karena tindakan ASDP ini tidak ada pemberitahuan dari jauh-jauh hari," ujarnya. 

Sebelumnya seluruh karyawan outsourcing di lingkungan ASDP mengalami hilangnya uang kehadiran, akan tetapi disetiap divisi bervariasi.

"Kita dihilangkan uang kehadiran, akan tetapi setiap divisi bervariasi diantaranya 150ribu - 500ribu untuk semua divisi, dilingkungan ASDP ada 5 divisi yaitu Security, Cleaning Service, PJTK, Petugas Tambat, dan tiketing, diperkirakan ada 700 orang lebih yang kena dampak, mulai tanggal 1 juni ini sampai seterusnya karena pihak ASDP tidak memberikan kejelasan sampai batas waktunya," imbuhnya Suwarno.

Ditempat yang sama menurut salah satu karyawan outsourcing, Agus Sutiono "Bukan hanya itu THR juga kena, saya kurang lebih 11 tahun, rencana pengurangan THR itu terjadi ditahun kemaren, tahun 2019 mulai dilakukan oleh pihak ASDP dengan alasan Adendum atau perjanjian kerja, sedangkan yang melakukan adendum kan perusahaan sedangkan kalau karyawankan taunya hak, nah itu kita nerima hanya separuh atau 50% dari aturan pemerintah yang mengeluarkan bahwa 1x THT itu 1x bulan gaji," ucapnya. 

Pihak ASDP akan melakukan pengkajian untuk masalah penghilangan uang kehadiran dan rencana pengurangan karyawan (PHK). (Jefri)
Previous article
Next article

Leave Comments

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel